Mengapa Bule Pada Biasa Saja dengan Nudist Beach

0
29
nudist beach

Belum tahu apa itu nudist beach? Mari berkenalan. Nudist beach atau biasa disebut nude beach, atau istilah lainnya pantai bebas merupakan pantai dimana semua yang mengunjungi situs tersebut bebas untuk tidak mengenakan busana apapun alias telanjang bulat. Tindakan ini legal dan tidak melanggar hukum. Pantai ini terbuka untuk umum dan tidak memerlukan keanggotaan atau membayar untuk mengunjungi pantai ini. Di Indonesia, tidak ada pantai bebas yang resmi. Mungkin ada beberapa situs yang dijadikan para bule untuk berjemur sinar matahari dengan kondisi telanjang namun hal tersebut sebenarnya tidak diizinkan.

Mengapa bule biasa saja dengan nudist beach dan tidak merasa bersalah dengan tidak berbusana alias telanjang bulat di tempat umum?

Baca juga: Kamu Merasa Beruntung? Coba Bandingkan dengan 3 Orang Paling Beruntung Di Dunia!nudist beach

Budaya adalah hal yang sangat mempengaruhi perbedaan cara pandang antara turis barat dengan masyarakat Indonesia. Kental dengan nilai dan norma serta reliji, tindakan tidak berbusana merupakan hal yang tabu bagi sebagian besar budaya di Indonesia, meskipun ada budaya daerah yang memang memiliki pakaian tradisional yang tidak menutupi keseluruhan tubuh. Namun, budaya dan agama mayoritas di Indonesia menganggap telanjang sebagai hal yang tabu. Menampakan aurat sangat bertentangan dengan ajaran agama.

Berbeda dengan turis dari negara barat yang dididik dengan ideologi liberalisme dimana tak berbusana di depan publik sekalipun tidak menjadi masalah asalkan tidak mengancam keselamatan orang lain dan melanggar hukum diberlakukan oleh pemerintahan negara tersebut.

Sebagai contoh, di Amerika Serikat ada banyak sekali situs publik yang merupakan tempat sosial nudist, sampai – sampai ada halaman wikipedia yang menampilkan daftar pantai bebas di sana. Sebagian besar negara-negara Eropa juga memiliki pantai bebas.

Reaksi masyarakat Indonesia tentunya akan berbeda dengan bule apabila melihat seseorang telanjang di depan umum. Jika bule biasa saja, masyarakat Indonesia cenderung bereaksi heboh karena fenomena nudist bukanlah sebuah fenomena sosial yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Lagi pula, standar kecantikan masyarakat Indonesia berbeda dengan masyarakat yang kebanyakan keturunan ras kaukasian berkulit putih yang menginginkan kulit gelap tan. Orang Indonesia cenderung menganggap kulit putih bersih sebagai definisi cantik, beraktivitas di luar ruangan pada siang hari saja berusaha menghindari paparan matahari dengan jaket, gimana kalau tak berbusana di pantai, bisa bisa kulit terbakar.

Baca juga: Saat Berada Di Pantai Bugil, Haruskah Kamu Malu?

(Visited 157 times, 1 visits today)