Cara Mengunduh dan Menyimpan Foto dari Instagram

0
9
menyimpan

Anda tentu ingin menyimpan beberapa foto terbaik di Instagram. Jika Anda ingin mengunduh semua yang telah Anda post, sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

Jutaan pengguna setia Instagram telah mengunggah puluhan juta foto dan video, menjadikannya aplikasi yang paling populer di dunia. Jika Anda telah menggunakan Instagram cukup lama, Anda mungkin sudah memiliki koleksi foto yang cukup banyak. Anda selalu dapat melihatnya di halaman Instagram Anda, tetapi bagaimana jika Anda ingin menyimpan hasil yang sudah Anda posting dari Instagram sebagai cadangan?

Anda mungkin sering mengambil foto dengan kamera dalam aplikasi Instagram dan tidak menyimpan hasilnya ke camera roll. Atau, mungkin Anda secara tidak sengaja menghapus foto tersebut dan satu-satunya hasil yang tersisa adalah apa yang Anda posting di Instagram.

Saat itu satu-satunya pilihan untuk mengunduh foto adalah menggunakan aplikasi lain, tapi sekarang sudah tidak perlu lagi. Instagram telah memungkinkan Anda untuk  mengunduh semua data termasuk foto dalam satu proses. Sebelum Anda berpikir terlalu jauh, ingatlah untuk menghormati para pengguna Instagram yang lain, hanya karena Anda dapat mengunduh foto, bukan berarti Anda harus mengunduh semua yang bukan milik Anda.

instagram

Cara pertama

Untuk menggunakannya, masuk terlebih dahulu ke aplikasi Instagram di desktop atau laptop Anda, atau buka dengan menggunakan mobile app. Di mobile, ketuk ikon Profil di kanan bawah, diikuti oleh Menu di kanan atas dan Settings di bagian bawah menu, lalu pilih Data Download. Di desktop, klik ikon Profil di sudut kanan atas untuk membuka halaman Instagram Anda, lalu klik Settings di sebelah tombol Edit Profil, pilih Privacy and Security. Scroll ke Data Download dan klik Request Download.

Metode ini membuat Anda bisa mendapatkan semua salinan yang Anda posting di Instagram. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, dan kemudian Anda akan mendapatkan file berisi semua foto, komentar, informasi profil, dan data pribadi Anda. Ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tetapi dalam kebanyakan kasus tidak lebih dari beberapa menit atau maksimal hingga satu jam. Ketika alamat email Anda sudah ada, klik Next untuk melanjutkan. Anda harus memasukkan kata sandi, dan Instagram akan mulai menghasilkan data. Setelahnya, Anda akan mendapatkan email dengan tautan ke semua yang pernah Anda bagikan di Instagram.

Meskipun tidak sama dengan mengunduh, Anda juga dapat mengklik atau mengetuk ikon Bookmark pada postingan untuk menyimpannya. Klik menu pada halaman profil Anda dan pilih Saved. Ini memungkinkan Anda untuk kembali ke foto tanpa menyalin tautan atau mengunduhnya. Tapi yang harus diperhatikan adalah jika pengguna menghapus foto yang Anda simpan, Bookmark Anda tidak akan berfungsi lagi.

Hal-hal yang Tidak Perlu Anda Bagikan di Media Sosial

Cara kedua

Instagram memungkinkan Anda untuk menyimpan foto ke folder yang dapat diakses dengan mudah di dalam aplikasi, cukup tekan tombol Bookmark di sudut kanan bawah dari foto di feed Anda yang ingin disimpan, dan itu akan secara otomatis berada di folder Tersimpan di panel kanan profil Anda. Untuk mengakses panel, ketuk pada tiga garis horizontal di sudut kanan atas profil Anda, dan akan muncul foto tersebut.

Cara ketiga

Untuk foto Anda sendiri, Instagram membuatnya mudah. Buka panel kanan di profil Anda, klik Akun, dan kemudian Original Photos. Kemudian, pastikan Save Original Photos Anda dihidupkan. Ini akan memastikan bahwa foto yang diambil pada feed camera akan masuk ke dalam camera roll Anda.

Cara keempat

Untuk foto orang lain, jika Anda tidak ingin mengunduh third party app, Anda harus sedikit usaha, tapi jangan khawatir, ini lebih mudah dari yang dibayangkan. Jika Anda browsing Instagram feed di ponsel dan menemukan foto yang ingin Anda unduh, klik pada tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Copy Link. Tetapi foto tersebut harus dari profil Instagram publik, atau bukan private account. Kemudian, kirimkan tautan ke email sehingga Anda dapat membukanya di komputer. Setelah itu tekan tiga titik di sudut bawah dan klik Go To Post.

Setelah Anda memiliki foto Instagram yang diinginkan, klik kanan dan pilih View Page Source. Ini akan mengarahkan Anda ke halaman berisi kode, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan Control + F dan mencari meta property = “og: image”. Setelah ini, Anda harus menemukan =. Dari sini, highlight teks yang dimulai dengan https: // hingga Anda mendapatkan Instagram.com. Copy link dan Paste ke browser Anda, tempat Anda akan melihat gambar aslinya. Klik kanan pada gambar dan tekan Simpan. Dan foto itu pun menjadi milik Anda, di mana Anda dapat mengaksesnya secara online atau pun offline. Tapi untuk menyimpan foto dari private account, akan lebih baik dengan menggunakan Screenshot.

Instagram Rilis Fitur Penyaring Komentar Otomatis dalam Bahasa Indonesia!

Cara kelima

Untuk Stories, ini jauh lebih sederhana. Opsi termudahnya adalah cukup dengan Screenshot. Tapi pastikan untuk menahan gambar tersebut, sehingga Anda akan memiliki foto tersebut dengan jelas. Tapi yang perlu Anda ketahui bahwa pemilik Stories tersebut akan mendapat notifikasi ketika Stories mereka telah di Screenshot oleh orang lain.

Cara keenam

Adapun untuk Stories sendiri ketika Anda mengambil foto dan ingin menyimpannya ke camera roll Anda, pastikan untuk menekan panah bawah pada tombol Simpan di bagian atas sebelum Anda memposting. Jika Anda ingin menyimpan Stories, buka Story Controls di sudut kiri atas layar Story, Anda dapat memilih untuk menyimpan yang Anda posting ke camera roll atau ke arsip Story Anda. Untuk mengakses arsip Story Anda, klik pada ikon seperti jam di kiri atas profil Anda, di mana Anda dapat melihat semua riwayat yang telah Anda posting.

Sekarang memang sudah sangat mudah untuk mengunduh foto dan stories Instagram. Metode-metode ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh hampir semua foto di Instagram. Jadi, sebelum Anda posting sesuatu, pastikan untuk lebih berhati-hati jika Anda tidak ingin hasil foto-foto Anda diunduh oleh salah satu followers.

(Visited 672 times, 1 visits today)