Cara Untuk Membuat Sebuah Keputusan Tanpa Ada Rasa Penyesalan

0
11
keputusan

Apa pun pilihan dalam pengambilan keputusan secara keseluruhan, lakukan pendekatan yang dapat membantu Anda lebih hati-hati supaya tidak menyesal.

Kita semua pasti takut karena tidak ada yang ingin menyesal dan mengetahui bahwa sudah melakukan kesalahan. Di sisi lain, percaya bahwa hidup adalah tentang pilihan, dan tidak ada yang benar atau salah. Pikirkan dan yakinkan diri sendiri sebelum berani membuat keputusan sehingga tidak berakhir dengan kesalahan besar.

Ikuti kata hati

Anda selalu memiliki pilihan hidup, dan jika keputusan yang Anda ambil memang sangat penting, itu mungkin akan membuat dan menjadikannya sebagai sebuah perbedaan. Jadi, jika Anda sudah memilih jalan yang paling baik, ikuti saja alurnya. Semuanya akan kembali ke Anda, berani untuk mencoba atau tetap berada di zona nyaman. Tapi, Anda bisa saja menyesalinya jika bergerak terlalu jauh dari kata hati Anda itu.

Pikirkan positif dan negatifnya

Setiap keputusan tentu memiliki beberapa pro dan kontra yang melekat di dalamnya. Buatlah pilihan dengan hati-hati, ketika Anda menimbang pro dan kontra, pikiran Anda mungkin akan menjadi lebih logis dan menyadari bahwa Anda hidup dengan segala konsekuensi negatif dari keputusan yang Anda ambil.

Tidak perlu lagi melihat ke belakang

Ini adalah langkah penting setelah Anda membuat keputusan, Anda harus menghormati pilihan yang sudah dibuat dan tidak boleh lagi menoleh ke belakang. Ada banyak jalan yang berbeda dalam hidup, pada setiap jalurnya memberi Anda beberapa peluang serta konsekuensi untuk hidup Anda. Tetapi membuat keputusan adalah sesuatu yang tidak dapat Anda hindari karena itu adalah bagian dari hidup dan Anda harus menerimanya.

Langkah Untuk Mengendalikan Emosi Yang Tidak Diinginkan

Buat keputusan pada pagi hari

Membuat keputusan pada hari sebelumnya kemungkinan akan mengarah pada hasil yang lebih baik. Tidak peduli kapan waktu Anda merasa sedang berada pada kondisi terbaik, bisa saja keputusan tersebut akan lebih buruk di kemudian hari. Jadi, jika Anda memang memiliki keputusan besar untuk dibuat, luangkan waktu sebelum memulai beraktivitas untuk memberi diri Anda kesempatan berpikir yang tidak akan Anda sesali.

Meminta saran dan masukan dari luar

Kita semua memiliki beberapa orang terdekat yang sangat dipercaya, dan akan baik-baik saja untuk terbuka kepada mereka. Anda perlu mempertimbangkan pendapat dari mereka, karena mereka akan lebih memahami perasaan, dan keinginan Anda. Dengan cara ini Anda akan berhubungan langsung dengan diri Anda sendiri serta orang terdekat Anda, juga menyadari apa yang benar-benar Anda inginkan. Perhatikan apa yang mereka katakan, dan pikirkan ulang sebelum Anda mengikutinya.

Membuat Keputusan Besar Terasa Sangat Sulit, Lalu Solusinya?

Melakukan perbandingan secara lebih menyeluruh agar tidak hanya melihat satu opsi pada satu waktu saja, tetapi dari berbagai macam sudut pandang, dan dari sisi yang berbeda. Pikirkan masa lalu dan masa depan Anda. Penelitian menemukan bahwa kita menggunakan bagian otak yang berbeda ketika memikirkan tentang saat ini dan masa depan. Buatlah keputusan yang lebih baik dan berpikir hati-hati tentang konsekuensi mengenai pilihan yang Anda ambil.

 

(Visited 314 times, 1 visits today)