Cheddar Man, Manusia dari 10.000 Tahun Lalu yang “Dihidupkan” Kembali!

0
1

Lagi-lagi, dunia berhasil mencapai sebuah terobosan baru. Wujud fisik manusia pertama dari suku Briton ternyata memiliki kulit gelap dengan mata berwarna biru! Padahal, masyarakat Britania saat ini memiliki kulit putih dengan rambut terang. Lalu, hasil dari penelitian DNA tersebut kemudian dibuat ke dalam bentuk tiga dimensi yang menghasilkan patung wajah dengan detil yang menakjubkan. POPle nggak akan nyangka, deh, kalau itu cuma patung! Detilnya benar-benar diperhatikan banget.

Moyangnya Orang Britania!

Fosil yang diketahui sebagai Cheddar Man tersebut ditemukan pada 1903 di dekat Gua Gough, Somerset, Eropa. Cheddar Man diduga sebagai moyang dari orang Britania yang berkulit putih.

4 Jurus Ampuh PDKT Ke Gebetan Cuek, Wajib Dicoba!

Diwujudkan dengan Kepintaran dan Kecanggihan Teknologi

Para ilmuwan dari Natural History Museum menggunakan urutan genetik serta teknik rekonstruksi wajah untuk membuktikan bahwa penduduk awal Britania memiliki kulit lebih gelap dari yang diduga sebelumnya. Para arkeolog menemukan sisa DNA yang tersisa di telinga fosil tengkorak tersebut. Sebelumnya, Cheddar Man diduga memiliki kulit putih dan rambut terang. Tetapi, DNA yang ditemukan ternyata menunjukkan hasil terbalik.

Walau Sepele, 3 Hal yang POPle Lakukan Ini Bisa Bikin Cewek Baper!

Gimana, sih, Caranya?

Untuk menganalisis DNA Cheddar Man, tengkorak kepala fosil harus dibor sedalam 2 milimeter untuk mendapatkan bubuk tulang. Dari situ, mereka dapat mengekstrak genom yang memegang identitas Cheddar Man. Dari hasil yang ditemukan, Cheddar Man diduga berasal dari Timur Tengah. Ia diduga meninggalkan Afrika dan pergi ke Timur Tengah. Selanjutnya, ia menyebrangi Doggerland yang menghubungkan Britania dengan Continental Europe.

Satu Trik Menghadapi Pasangan yang Terlampau Posesif, Penasaran?

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

(Visited 7 times, 1 visits today)