Dengan Tips Ini Kalian Bisa Menghindari Kecelakaan Berkendara Pada Saat Hujan

0
5

Menjaga keselamatan dalam berkendara sangatlah penting. Apalagi pada saat turun hujan, karena jika tidak berhati – hati akan dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.  

Dari akhir tahun 2019 hingga sampai memasuki awal tahun 2020 sebagian besar wilayah indonesia di guyur hujan terus – menerus sampai hingga sampir 2 bulan penuh. Hujan pasti akan merepotkan anda untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Tetapi ada juga orang yang menunggu hujan karena menurut mereka hujan itu membawa berkah. Namun aja juga orang yang menyebut musim hujan menjadi sebuah kejadian yang harus segera mungkin di hindari .

5 Manfaat Sarapan Pagi Yang Sangat Penting Bagi Tubuh

Bagi pengendara motor seperti kamu, tentunya hujan akan sangat merepotkan terlebih lagi jika lupa membawa jas hujan, kalau sudah seperti itu anda akan lebih banyak membuang waktu untuk menunggu hujan yang tidak pasti kapan berhentinya. Selain itu bekendara di tengah hujan deras merupakan tantangan khusus yang membuat anda untuk lebih membutuhkan skill lebih dan juga meningkatkan kewaspadaan yang tinggi.

Simak beberapa hal mengenai tips berkendara dengan motor yang aman saat hujan.

  1. Membawa Jas Hujan

Sedia selalu jas hujan di dalam kendaaran motor, karena akan lebih mempermudah berkendara  walaupun sedang hujan. Gunakan jas hujan model single lebih di anjurakan karena lebih aman untuk pengendara bermotor. Sebab beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem (memakai berbarengan) karena menyebabkan pengendara kesulitan untuk mengendarai sepeda motor. walaupun menggunakan jas hujan single belum ada statistic yang bisa mempengaruhi gaya kita dalam berkendara, tetapi dengan menggunakan jas hujan model single kita akan lebih aman pada saat bekendara.

  1. Meningkatkan kewaspadaan saat berkendra

Ketika hujan para pengendara haruslah meningkatkan kewaspadaan, karena jika hujan turun otomatis jalan akan tergenang air dan licin. Jika tidak meningkatkan kewaspadaan dapat menyebabkan kecelakaan dan merugikan para pengendara. Dengan demikian harus wajib meningkatkan kewaspaadaan dalam berkendara dalam kondisi hujan. Menjadi lebih waspada tentu membuat kalian lebih berhati – hati, jika begitu kalian akan lebih aman dan selamat.

Meningkatkan kewaspadaan ini bisa kalian gunakan pada saat berkendara pada malam hari. Jadi sebenernya kebiasaan waspada adalah sebuah kewajiabn yang harus dilakukan oleh para pengendara sepeda motor di kondisi cuaca apapun, dimanapun, dan kapanpun.

  1. Menyalakan lampu dan mengecek kendaraan

Dengan menyalakan lampu kita lebih bisa melihat keadaan jalan seperti apa, dan juga pada saat hujan turun dengan lebat. Karena pada saat hujan turun keadaan langit akan cenderung mendung dan juga lebih  gelap dari biasanya. Penggunaan lampu pada saat hujan merupakan langkah yang baik agar pengendara bisa terlihat jelas oleh pengendara lagi dan tidak terjadinya kecelakaan.

Selain menyalakan lampu kalian harus mengecek kendaraan motor kalian. Mulai dari ban, jika ulir ban sudah mulai menipis sebaiknya langsung di ganti, karena jika berkendara di waktu sedang turun hujan akan menyebabkan ban tergelicir dan menyebabkan kecelakaan. Kedua Rem, saat anda berkendara di jalan dan turun hujan pastikan anda selalu menjaga jarak dengan pengendara lainnya. Hal ini dikarenakan jarak pengereman saat hujan harus lebih jauh dari saat kondisi tidak hujan.

  1. Tidak boleh memaksakaan keadaan

Jika hujan turun dengan lebat otomatis jarak pandang mengendara menjadi berkurang, sebaiknya kalian berhenti untuk menunggu hujan sedikit lebih redah, karena hujan yang turun terlalu lebat akan sangat membahayakan. Karena jika memaksakan untuk terus berkendara akan menyebabkan kecelakaan. Awal mula kecelakaan terjadi karena memaksakan keadaan dan tetap terus berkendara dengan jarak pandang yang terbatas dan kurangnya kewaspadaan. Jadi lebih baik kalian berhenti untuk mengistirahatkan badan dan memikirkan keselamatan diri sendiri.

  1. Waspada genangan air

Genangan air dapat menutupi kedalaman lubang di jalanan. Hal ini tentunya berbahaya dikarenakan dapat memyebabkan kecelakaan bagi pengendara motor. Oleh karena itu, upaya untuk menghindari genangan air pada saat mengendarai motor di waktu turun hujan.

(Visited 178 times, 1 visits today)