Dikenal Begitu Fanatik, Inilah Alasannya Suporter Indonesia Terbaik di Dunia!

0
7
suporter indonesia

Para supporter sepak bola itu sangat total dalam mendukung tim kesayangan mereka. Dikenal Begitu Fanatik, Inilah Alasannya Suporter Indonesia Terbaik di Dunia!

Tidak dipungkiri, fanatisme suporter sepak bola Indonesia sudah dikenal tidak hanya untuk kawasan Asia, namun juga di daratan Eropa, gaungan suporter Indonesia sudah terdengar suara mikrophone nya.

Para supporter sepak bola itu sangat total dalam mendukung tim kesayangan mereka, bahkan tak jarang ada yang sampai mau berkorban nyawa hanya untuk mendukung tim kesayanganya. hampir semua supporter di seluruh dunia ini pasti mempunyai rasa loyal dan fanatik.

Lalu apa sih yang menjadikan suporter Indonesia sangat fanatik dengan sepak bola? Inilah beberapa alasannya.

1. Sepak bola Jadi Olahraga Terfavorit di Indonesia

Meskipun prestasi Timnas Indonesia di kancah internasional belum juga mempersempahkan sejarah gemilang, namun hal tersebut tidak menyurutkan masyatakat untuk menggemari olahraga ini. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai olahraga sepak bola, banyak juga masyarakat yang memiliki tim kebanggan baik di dalam maupun di luar negeri. Kerennya lagi, meskipun hanya sekedar suporter layar kaca, namun masyarakat tetap fanatik dan antusias setiap tim kebanggannya berlaga.

Keren! Jersey Parma Samai Rekor Laris Manis Jersey Cristiano Ronaldo…

2. Punya Komunitas yang Kuat

Beberapa suporter sepak bola seperti Bobotoh, The Jak, Aremania, Bonek, dan suporter lainnya terikat dalam sebuah komunitas yang sangat erat. Komunitas-komunitas suporter tersebut tidak hanya melakukan kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola saja, namun mereka juga terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan sosial untuk mempererat hubungan antar anggota komunitas. Inilah alasan yang membuat komunitas suporter sangat fanatik, sebab mereka sudah seperti keluarga.

3. Syarat Rivalitas antar Tim

Dibandingkan dengan liga-liga sepak bola di beberapa negara Asia tenggara, tim sepak bola di Indonesia kualitasnya hampir merata, inilah yang menjadikan rivalitas kompetisi lebih sengit. Namun tingginya rivalitas tim-tim sepak bola di Indonesia, selain membuat gegap gempita suporter lebih berwarna, hal tersebut juga sering menimbulkan gesekan antar suporter sehingga tidak jarang menimbulkan korban jiwa.

4. Fanatisme Personal

Dari bela tim sepak bola sampai calon presiden jika mereka dukung pasti akan dukung secara habis-habisan dan totalitas. Entah ini sudah menjadi karakter masyarakat kita atau tidak, namun persoalan fanatik dengan sesuatu memang sangat mudah kita lihat di masyarakat. Tidak terkecuali dengan fanatik terhadap tim sepak bola yang didukung. Bahkan mereka bisa mengorbankan waktu dan uang agar bisa melihat tim kesayangannya bertanding.

Bangkit dari Keterpurukan, Parma Siap Ramaikan Liga Italia Serie A Musim Depan!

5. Masuk 5 Besar Suporter Terfanatik di Dunia

Rasa fanatisme yang berlebihan ini kadang justru berdampak negatif. Bahkan Franz Beckenbauer sampai kaget setelah melihat video tawuran suporter Indonesia. Ia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai suporter terloyal. Dan hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%. Basis suporter fanatik Indonesia adalah Arema, Persebaya, Persib, Persija, PSIS, dan Persipura.

 

(Visited 1,621 times, 1 visits today)