Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Fakta Ilmiah Unik Tentang Tidur yang Harus Kamu Tahu!

0
2
Benarkah Tidur di Akhir Pekan Bikin Panjang Umur? Ini Kata Peneliti..

Layaknya sebuah mesin, manusia juga butuh mengistirahatkan tubuh yang kelelahan dengan tidur. Dan bila di pelajari tenyata banyak sekali misteri yang berkaitan dengan tidur! Apa saja?

Apakah setiap tidur kita akan bermimpi? Apakah susu adalah minuman terbaik untuk mengundang kantuk? Namun sejumlah fakta tersebut bukan satu-satunya hal menarik seputar tidur. Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan lain mengenai tidur yang mungkin kamu belum tahu seperti dilansir dari Menshealth.com..

Ternyata Pola Tidur yang Teratur Juga Bisa Bentuk Tubuh Jadi Atletis Lho!

1. Tidur Sering Terganggu Lebih Buruk daripada Begadang

Jika tak cukup tidur, biasanya kita akan lebih mudah marah atau lelah. Namun menurut penelitian terbaru, rasa tak nyaman tersebut jauh lebih besar apabila tidur terganggu.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tidurnya sering terganggu, akan lebih tak berenergi dan murung pada keesokan harinya daripada mereka yang tidur larut malam namun nyenyak.

2. Pola Hidup Modern Tak Mengurangi Jam Tidur

Sebuah penelitian pada 2015 mendapati fakta kalau manusia modern sebenarnya tak memiliki jam tidur yang lebih sedikit dari orang dulu. Bahkan bisa tidur lebih lama.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melihat kebiasaan tidur orang-orang dalam masyarakat berburu dan meramu kontemporer di beberapa wilayah Afrika dan Amerika Selatan. Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat tersebut tidur kurang dari 6,5 jam, lebih sedikit dari waktu tidur warga Amerika dengan rata-rata 7 hingga 8 jam.

Mendengkur Saat Tidur Ternyata Berbahaya Lho. Kira-Kira Apa Penyebabnya?

3. Otak Setengah Terjaga

Berdasarkan penelitian terbaru, ternyata manusia tidur dengan otak setengah terjaga seperti halnya dengan lumba-lumba. Subyek penelitian yang tidur pada malam pertama di laboratorium, menunjukkan aktivitas lebih di otak sebelah kiri daripada kanan ketika tidur.

Menurut para peneliti, hal tersebut merupakan bentuk strategi manusia untuk bertahan hidup di lingkungan yang baru. Bagian kiri otak dapat berfungsi sebagai ‘tukang ronda’ akan membangunkan kita jika terdapat bahaya.

4. Musim Dingin Membuat Waktu Tidur Lebih Lama

Menurut sebuah analisis data dari aplikasi pelacakan tidur, menemukan fakta kalauorang di negara dingin memiliki kebiasaan lebih lama, daripada orang yang tinggal di cuaca tropis.

Menurut para ahli, kebiasaan tidur akan berubah ketika musim dingin karena berkurangnya waktu siang yang mempengaruhi ritme sirkadian–ritme tetap yang berulang sekitar 24 jam.

Inilah 5 Kejadian Paling Konyol yang Pernah Terjadi di Dalam Pesawat Terbang! Nomor 3 Menegangkan..

5. Beberapa Orang Tidur Terlalu Lama

Seperti sebuah fakta penelitian yang mengungkapkan kalau beberapa orang sulit tidur. Namun menurut penelitian terbaru, orang dewasa AS yang tidur lebih dari 9 jam mengalami peningkatan.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan, selama dua dekade, persentase partisipan yang tidur lebih dari 9 jam per hari meningkat dari 28 menjadi 37 persen.

(Visited 299 times, 1 visits today)