Fitur Gmail Terbaru Untuk Mengedit Email Menjadi Lebih Mudah

0
0
email

Google meluncurkan fitur baru yang praktis di Gmail untuk membantu pengguna memperbaiki kesalahan dan mengedit saat sedang menulis email.

Google baru saja memperkenalkan tiga fitur baru, dan masing-masing dari fitur ini akan membuat Gmail lebih mudah digunakan saat menulis email. Fitur pengeditan terbaru dari Gmail ini tidak akan mempengaruhi penggunaan sehari-hari, tapi tetap akan sangat membantu bagi siapa pun yang merasa perlu menggunakannya.

Fitur pertama adalah tombol undo atau redo yang dapat digunakan saat Anda sedang menulis email. Gmail akan memungkinkan pengguna untuk membatalkan tindakan jika Anda bermaksud menyalin teks tapi secara tidak sengaja menghapus seluruh kalimat yang telah dibuat, Anda dapat melakukannya dan Anda juga akan memiliki opsi untuk mengulang sesuatu.

Shortcut akan ditambahkan di kiri bawah menu format yang terletak di bagian bawah kotak penulisan Gmail saat Anda sedang menulis. Tombol untuk undo atau redo ditunjukkan dengan panah melengkung ke kanan dan kiri yang cukup jelas. Ini cara yang lebih cepat dan lebih nyaman untuk memperbaiki kesalahan dan mengedit apa yang Anda buat saat menulis email.

Fitur kedua adalah tombol coret yang memungkinkan Anda untuk membuat garis melalui teks. Tombol coret dapat ditemukan di sisi kanan menu format yang terletak di bagian bawah kotak penulisan Gmail, dan terlihat seperti huruf ‘S’ dengan garis yang melewatinya.

Fitur terakhir tentang pengunduhan bukan pengeditan. Pengguna Gmail akan memiliki opsi untuk mengunduh email sebagai file .EML dari web sebagai lampiran di dalam email Anda. Sangat mudah untuk menggunakan fitur ini, yaitu pengguna dapat menemukan opsi .EML dengan mengklik menu tiga titik, lalu mengklik ‘unduh pesan’. Ini berguna karena sebagian besar email, termasuk Outlook, Apple Mail atau Thunderbird mendukung file .EML.

email

Ini bukan satu-satunya fitur yang ditambahkan Google ke Gmail, pada bulan September 2018 lalu, perusahaan mengumumkan bahwa akan menjadikan fitur Smart Replies menjadi opsional untuk pengguna dalam waktu dekat. Smart Replies diperkenalkan untuk pengguna desktop yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memilih opsi balasan yang disajikan kepada Anda tanpa perlu mengetik jawaban secara manual. Namun, ternyata tidak banyak yang menyukai fitur ini, dan dengan demikian, Google mengumumkan bahwa itu akan dibuat opsional.

Google juga baru-baru ini mengumumkan bahwa akan memindahkan dari pengguna Hangouts klasik ke aplikasi Hangout Chat & Meet, yang pada dasarnya adalah versi Slack. Perusahaan mengungkapkan bahwa perubahan ini akan dimulai pada 2019, jadi jika Anda menggunakan Hangouts, bersiaplah untuk beberapa perubahan.

Mengapa Kita Selalu Bertanya Dan Meminta Google Untuk Menjawabnya?

Google telah mulai meluncurkan fitur Gmail terbaru ini ke semua pengguna G Suite dan ini akan diaktifkan secara default. Fitur ini diharapkan segera tersedia untuk pengguna non G Suite. Namun, belum ada informasi kapan perubahan ini akan tersedia untuk aplikasi seluler Gmail.

Google juga menambahkan banyak fitur baru dengan pembaruan termasuk tindakan Hover. Fitur baru ini menampilkan beberapa opsi ketika Anda mengarahkan kursor ke email. Anda dapat menghapus, menandai sebagai sudah dibaca, mengarsipkan atau menunda email. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tindakan RSVP atau menolak undangan untuk item Kalender.

Panel sisi kanan juga baru ditambahkan tahun lalu. Panel mencakup opsi seperti Google Calendar, Keep and Tasks. Panel ini memastikan bahwa pengguna tetap berada di dalam kotak masuk saat me-manage email. Google juga menambahkan opsi cancel untuk kotak masuk. Fitur ini membuat email menghilang untuk waktu yang telah ditentukan. Setelah waktunya berakhir, maka email akan muncul lagi di kotak masuk.

Kecanduan Ponsel? Begini Cara Untuk Mengelolanya

Google juga telah meningkatkan aplikasi iOS Gmail untuk membuatnya menjadi lebih sesuai dengan aplikasi dari Android Gmail. Misalnya, Google memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna Gmail di iOS untuk melihat semua email dalam satu kotak masuk universal.

Meskipun kemampuan untuk melihat beberapa akun yang dikelola oleh Gmail memang sudah ada, namun pengguna harus mengklik ikon di sudut kiri atas untuk beralih di antara akun lain. Sekarang, pengguna iOS memiliki opsi untuk memilih ‘semua kotak masuk’ dan setelah opsi dipilih, semua email akan muncul dalam satu kotak masuk. Ini adalah cara yang sama dengan aplikasi Gmail Android.

(Visited 132 times, 1 visits today)