Sudah Ngeh 3 Jenis Modus Tipuan Scammer via Dunia Kencan Maya?

0
72

Ya, ada tiga jenis modus tipuan dari para scammer di dunia kencan maya. Ini cara mengenali modus-modus tipuan tersebut

 

Sedang getol-getolnya cari pasangan buat masa depan di situs kencan atau aplikasi kencan yang berjubel belakangan ini?

Pastinya jangan keburu ge-er atau langsung ser-seran pas kenalan dengan profil ini dan itu karena bisa saja profil tersebut adalah scammer alias penipu ulung jagad dumay alias dunia maya.

Selain memang harus unggah perangkat keamanan internet, pastinya kita harus jeli melihat tanda apakah profil yang sedang getol ngobrol dengan kita itu penipu atau bukan.

Maklum, perangkat tangkal virus dan penipu dumay tak bisa melindungi kita dari rasa patah hati. Aih…

Nah, ini 3 tanda apakah kita sedang ngobrol dengan para scammer atau bukan:

 

#1  Modus Scam: Mutual connection

Lewat modus ini, ada seseorang yang tak kita kenal menghubungi kita via media sosial dan mengklaim kalau diri mereka punya kesamaan hobi dan keinginan. Itulah kenapa disebut ‘mutual connection’.

Cirinya, mereka menyapa kita dengan alasan kenal dari acara pernikahan tertentu atau sebuah acara. Ini bisa terjadi pas kita unggah banyak foto dan belum membaharui setelan keamanan. Dari situ para kriminil cyber bisa menebak-nebak bagaimana cara mendekati kita. Buset…

Tip: 

Jika memang kita temui pesan berisi sapaan perkenalan seperti itu di komen (Jika setelan keamanan tidak di-privacy), hindari menjawab sapaan tersebut dan jangan orang tersebut jadi teman di akun profil media sosial kita.

Jadi jangan lupa ubah aturan pengamanan laman akun media sosial kita agar tak sembarang orang melihatnya – apalagi mereka yang bukan teman.

 

Seberapa Seru Virtually Dating alias Kencan Maya Milik Facebook?

 

#2  Modus Scam: Intimate activity

Modus tipuan ini kebanyakan terjadi pada hubungan pribadi jarak jauh.

Awalnya mungkin ngobrol biasa dan lama-kelamaan jadi akrab. Barulah setelah itu scammer alias penipu dumay meminta kita untuk kontak ngobrol lewat kamera web atau jalur chat.

Konyolnya, kondisi kamera web penipu dumay ini bisa tiba-tiba rusak – tapi mereka sebenarnya bisa lihat profil kita di kamera web tersebut. Dengan kata-kata pujian dan sedikit memaksa, mereka bisa meminta kita melucuti pakaian dan melakukan aksi-aksi tak senonoh dan konyol.

Awas! Mereka merekam pas kita lakukan hal-hal tersebut di atas dan rekaman tersebut bisa dipakai sebagai alat pemerasan ke diri kita. Mereka mengancam menyebarkan rekaman video atau foto-foto tersebut ke teman-teman medsos kita, jika kita tak bersedia bayar sejumlah uang tertentu!

Tip: 

Jika sudah menyangkut kamera web alias webcam, tolak semua permintaan calon gebetan atau kenalan tersebut. Karena jika memang hubungan yang terjalin benar-benar nyata, mereka pasti mau nunggu sampai ketemu langsung!

 

Langsung percaya dikasih cincin via situs kencan dumay? Duh, nggak banget, lah…

 

 

Fakta: Cewek-Cewek di Aplikasi Kencan Cari Cinta, Bukan Cari Ehem-Ehem!

 

#3  Modus Scam: Fake dating sites

Masih ingat dengan bocornya situs kencan Ashley Madison?

Ya, itu karena ada orang yang ngotot banget mau tipu banyak orang dengan bikin situs kencan palsu!

Layanan situs kencan palsu tersebut menawarkan jodoh yang oke, tapi sebenarnya itu sudah dipenuhi para penipu dumay.

Tip: 

Cara kenali apakah situs kencan tersebut palsu-tidaknya bisa dilihat dari ‘apakah pada detail profil lebih berat ke info pembayaran atau tidak’. Jika ya, berarti itu situs tipu!

Plus, jika sehabis bikin profil yang tak lengkap (tanpa foto dan preferensi) tahu-tahu kita sudah dikirimi pesan-pesan dari profil kencan yang cocok, itu bisa jadi tanda kalau kita sedang ada di situs kencan palsu!

 

Ya, jangan buru-buru ngejar jodoh di dumay. Ketemuan di dunia nyata saja belum tentu jadi jaminan – apalagi di dumay!

(Visited 2,586 times, 1 visits today)