Hari Gini Masih Jomblo Juga? Jalan-Jalan Ke Goa Kontamale Aja!

0
1
goa kontamale

Jika Anda berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sempatkan mengunjungi goa mata air tawar ini. Hari Gini Masih Jomblo Juga? Jalan-Jalan Ke Goa Kontamale Aja!

Apa yang akan terbayangkan ketika pertama kali mendengar kata “Pemandian Umum”? Sebagian mungkin akan mengatakan kumuh atau kotor. Tapi pemikiran tersebut pasti akan berubah saat berkunjung ke tempat pemandian satu ini. Namanya Kontamale, yang berarti pemandian, telaga atau danau.

Berada di Pulau Wangi-Wangi

Pemandian Kontamale ini termasuk salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tepatnya di Pulau Wangi-wangi, pulau yang lebih sering disebut Pulau Wanci oleh warga sekitar. Goa telaga ini cukup luas dan dalam. Terdapat kolam dengan airnya yang jernih. Di langit-langit goa terdapat stalaktit.

Saat Eksotisme Raja Ampat Berpadu dengan Dua Bidadari Cantik!

Nama Kontamale sendiri memiliki arti sendiri bagi warga lokal. Nama Kontamale terdiri dari dua kata yakni Konta dan Male. Konta berarti pegang dan Male berarti layu. Warga meyakini zaman dulu ada seorang pasangan kekasih yang sulit untuk menikah. Meski keduanya lama berpacaran, tapi salah satunya tak ingin menikah. Mereka berdua kemudian mendatangi goa tersebut untuk mandi. Tak lama setelah itu keduanya saling setuju untuk menikah dan direstui oleh masing-masing keluarga mereka.

Untuk warga dari luar provinsi yang ingin berkunjung ke Pulau Wangi-wangi, bisa menggunakan dua pilihan perjalanan. Pertama, menggunakan sarana transportasi laut dengan menggunakan Kapal Pelni, lalu berlabuh di Pelabuhan Buton, kemudian pindah ke kapal kayu untuk penyebrangan selanjutnya menuju Pulau Wangi-wangi.

Keren! 5 Binatang Laut Ini Hanya Bisa Dijumpai di Lautan Indonesia

Alternatif kedua, menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara Haluoleo-Kendari, kemudian berganti sarana menggunakan kapal penumpang dengan pelabuhan tujuan Ereke-Wanci (Wangi-wangi). Jadi perjalanan ke Pulau Wangi-wangi memang tidak memungkinkan untuk menggunakan jalur darat. Memang agak sulit, namun kesulitan itu setara dengan sugguhan indah pemandangan keajaiban alam yang ada di Pulau Wangi-wangi ini.

Sebagai salah satu destinasi pariwisata, Wakatobi ternyata memiliki kearifan lokal yang menarik untuk dikunjungi, selain wisata selam.

(Visited 48 times, 1 visits today)