3 Cangkir Kopi Mampu Tingkatkan Kesehatan Liver! Benarkah?

0
2

Minum 3 cangkir kopi katanya bakal bikin sehat kondisi liver. Tentu saja ini jadi kabar baik. Tapi masalahnya, benarkah?

 

Sejak lama, para peneliti percaya bahwa rutin mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes, strok, bahkan jantung. Namun, sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap manfaat lain dari minuman nikmat ini.

Apakah itu?

Minum 3 cangkir kopi perhari mampu tingkatkan kesehatan liver! Demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Hepatology.

Untuk membuktikannya, tim peneliti dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland, mengambil sampel  27.793 peserta yang usianya di atas 20 tahun. Ya, mereka mencatat kebiasaan ngopi setiap peserta  sekaligus mengukur kadar enzim yang terdapat dalam darahnya.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, hasilnya pun ditemukan ! Menurut salah seorang peneliti bernama Dr. Qian Xiao, enzim seperti aminotransferase (ALT), aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP), dan gamma glutamyl transaminase (GGT) biasanya hadir dalam sel-sel hati yang rusak, hancur, atau saat aliran empedu yang diproduksi oleh hati tersumbat.

Sebenarnya Kapan Waktu Cantik Minum Kopi?

Dr. Qian Xiao menuturkan, peserta yang minum kopi tiga cangkir dalam sehari memiliki hati dengan tingkat enzim ALT, AST, ALP, dan GGT yang lebih rendah ketimbang mereka yang tak mengkonsumsi sama sekali.

“Dengan begitu, kami pun menyimpulkan bahwa zat alami yang terkandung dalam kopi, yakni kafein, punya manfaat positif untuk kesehatan hati,” tambahnya.

 

Nah, sudahkah Anda dapatkan Kopi pagi ini?

(Visited 198 times, 1 visits today)