Asyik! 5 Aksi Cepat Ngantuk Ini Tebas Mata Sulit Bobo

0
1

Ada cara mudah yang bisa dilakukan agar bisa cepat ngantuk dan nggak jadi sulit bobo pas malam hari. Hmmm… Apa aja nih aksi cepat ngantuknya?

 

Ya, insomnia alias susah tidur punya banyak dampak buruk bagi kesehatan. Yang terparah: risiko kematian dini!

Menurut American Cancer Society, orang yang tidur sekitar tujuh jam tiap malam punya tingkat kematian dini yang rendah, sementara yang tidur kurang dari 3,5 jam (wanita) dan 4,5 jam (pria) tingkat kematiannya lebih besar.

Banyak faktor yang bikin susah tidur di malam hari, seperti banyak pikiran atau kebiasaan main gawai sebelum tidur.

Diungkapkan Sleepio, ada beberapa cara agar tidur bisa cepat. Simak yang berikut:

 

#1  TAK BAWA MASALAH

Tak membawa masalah apapun yang terjadi di luar kamar tidur jadi solusi lain. Sementara itu, pastikan juga suasana kamar kita nyaman dan terhindar dari kebisingan. Demikian dilansir Marie Claire.

 

#2  TENANGKAN PIKIRAN

Emosi yang tak stabil serta pikiran kacau jadi pemicu utama sulit tidur. Karenanya, disarankan agar sebisa mungkin tenangkan pikiran 60 menit sebelum beranjak ke tempat tidur.

 

Si dia kurang tidur? Suruh si dia baca ini…

 

Terungkap! Inilah Penyebab Ngantuk Sehabis Makan!

 

#3  MINUM SUSU HANGAT

Jangan remehkan susu! Kandungan tryptophan dalam minuman tersebut diklaim bisa bikin tidur lebih nyenyak. Susu rendah lemak bisa jadi pilihan tepat. Rajin minum susu pun baik untuk paru-paru loh!

 

#4  MAKAN MALAM

Periset dari Kanazawa Medical University juga punya cara oke untuk atasi susah tidur. Menurut mereka, pada dasarnya kita bisa langsung ngantuk dengan melahap nasi, roti, atau mie pada malam hari. Kalau badan tak gemuk loh ya!

“Nasi mengandung indeks glikemik tinggi yang naikkan kadar protein, tryptophan. Protein tersebut dipakai tubuh untuk meningkatkan serotonin di otak yang jadi penginduksi tidur,” ujar ilmuwan.

 

Ternyata Sering Menguap Tak Melulu Pertanda Ngantuk, euy! Ini 3 Pertanda Lainnya…

 

#5  BUANG NAFAS, TARIK NAFAS

Teknik pernapasan sederhana dari profesor kedokteran di University of Arizona, Andrew Weil, M.D. bisa diikuti. Buanglah nafas via mulut. Lalu, tutuplah mulut – tarik nafas via hidung sampai hitungan keempat. Tahan nafas hingga hitungan ketujuh. Dan terakhir, buanglah napas selama delapan hitungan.

 

Jangan lupa gebet info kesehatan lain di POPULAR NOW dan rasakan goyangan lainnya. Buruan download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya!

 

 

 

 

 

foto Widiartono

(Visited 180 times, 1 visits today)