5 Efek Ketombe Ini Gak Cukup Cuma Bilang, Pake Hitam Siapa Takut!

0
9

Ingat dong istilah, ‘pake hitam, siapa takut?’. Istilah itu muncul semata-mata karena ketombe yang muncul di kulit kepala tentulah sangat menyebalkan. Selain bikin gatal, serpihan yang dihasilkannya juga berpotensi besar membuat bahu jadi kotor.

Nah, bicara ketombe, ilmuwan mengungkapkan jika ketombe ternyata juga punya sederet efek lain bagi tubuh Anda. Seperti?

 

Psoriasis

Temuan satu ini cukup mengejutkan! Diungkapkan ahli kulit Dr. Sejal Shah, ketombe bisa mengakibatkan terjadinya psoriasis, kondisi di mana kulit memunculkan bercak merah tebal dan kulit kepala yang berisik.

 

Infeksi mata

Studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan, ketombe dapat memicu blepharitis alias infeksi mata. Orang yang dalam kondisi tersebut biasanya akan mengalami mata merah, gatal, dan iritasi pada kelopak mata.

 

Sebabkan jerawat

Menurut Dr. Mukesh Batra, praktisi kesehatan dari India, serpihan ketombe yang jatuh ke wajah dapat menyumbat pori-pori kulit yang pada akhirnya memunculkan jerawat. “Dan jika Anda sedang berjerawat, ketombe bisa makin memperparahnya” ungkap Mukesh seperti dilansir thehealthsite.com.

 

Kerontokan rambut

Ketombe memang tak terkait langsung dengan kerontokan rambut. Meski begitu, tetap saja, gatal yang konstan dapat menyebabkan hal itu terjadi. Demikian kata trichologist, Dr. Apoorva Shah.

 

Baca juga: Cek Rambut Bisa Prediksi Serangan Jantung

 

Rambut berminyak

Saat berketombe, kulit kepala Anda bisa saja menghasilkan minyak berlebih. Jadi, jangan heran jika rambut Anda akan sangat berminyak ketika ketombe bersarang di rambut.

Hmm, cukup mengerikan bukan?

(Visited 216 times, 1 visits today)