Siapa Bilang Lahap Makanan Sisa Itu Aman? Ini 5 Efek Kebiasaan Lahap Makanan Sisa

0
2

Makanan sisa memang sayang banget kalau nggak habis. Nyatanya jika dimakan, jadi nggak baik. Kok bisa?

 

Pasti kita semua pernah beli makan malam dalam porsi terlalu banyak. Porsi makanan tersebut seringkali tak habis dan akhirnya disimpan di kulkas dan besoknya dipanaskan lagi.

Jika Anda salah seorang yang suka lakukan itu, ada baiknya untuk tak lagi mengulanginya.

Menurut riset, kebiasaan menyantap makanan sisa punya banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Apa saja?

 

#1  Keracunan

Studi menunjukkan, menyimpan makanan sisa terlalu lama sangat berbahaya. Perlu diketahui, menaruh makanan sisa dalam kulkas dua jam setelah dimasak dapat memicu tumbuhnya bakteri. Bila dikonsumsi kembali, keracunan hingga muntah adalah efek yang bisa terjadi.

 

#2  Gangguan pencernaan

Jangan pernah menyantap makanan sisa yang sudah lebih dari dua jam. Kata peneliti, bakteri yang tumbuh di dalam makanan berpotensi besar menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa dalam berbagai rupa. Misalnya? Simak terus poin-poin di bawah ini.

 

Aduh! Suap-Suapan Popcorn Pas Nonton Gagal nih Karena Bisa Picu Kanker Paru-Paru!

 

Selezat apapun, makanan sisa tetap oke dimakan?

 

 

#3  Diare dan dehidrasi

Kebiasaan menyantap makanan sisa juga bisa berimbas pada diare dan dehidrasi. Jika dibiarkan terus-menerus terjadi, hal tersebut tentu saja bisa mengancam kesehatan Anda. Selain nyebelin karena bikin kita mondar-mandir ke toilet, diare bisa bikin badan lemas karena kekurangan cairan! Duh …

 

#4  Sakit perut

Masalah kesehatan lain yang juga bisa timbul dari menyantap makanan sisa adalah sakit perut. Kenapa bisa demikian?

Itu karena perilaku tersebut dapat memicu terbentuknya gas dan kontraksi dalam usus. Tentu saja kondisi ini bikin kita jadi nggak enak banget, apalagi pas sedang beraktifitas!

 

Kangen? Mamam deh 6 Lagu Kangen Bersemat Kalimat ‘Miss You’ Ini

 

#5  Demam

Dilansir Boldsky, mengonsumsi makanan sisa bisa berujung pada demam ringan atau tak enak badan. Diungkapkan ilmuwan, hal tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri dalam tubuh. Jelas kondisi tubuh yang demam bikin kita jadi merasa nggak asyik. Badan berasa kayak melayang.

 

Cukup menyeramkan, bukan? Karenanya, biasakanlah untuk mengonsumsi makanan segar alias baru dimasak. Nggak ada yang segar? Masak atuh…

Buat tip kesehatan lainnya, buruan buka POPULAR NOW! So, buruan download versi PlayStore ini dan versi iOS alias apel kegigit disini!

 

(Visited 165 times, 1 visits today)