Ah, Suap-Suapan Popcorn Bisa Batal Karena Ternyata Bisa Picu Kanker Paru-Paru!

0
1

Rasanya yang lezat serta nikmat memang bikin popcorn jadi camilan yang pas untuk disantap pas nonton film. Namun, tahukah Anda jika di balik kelezatannya popcorn punya dampak yang sangat berbahaya! Ya, salah satunya adalah bisa picu kanker paru-paru.

 

 

Dalam Jurnal Environmental Health Perspectives, periset menemukan fakta bahwa 75 persen rokok elektrik mengandung diacetyl, senyawa kimia yang bisa picu kanker paru-paru. Nah, yang perlu Anda tahu, senyawa tersebut juga ditemukan dalam proses pembuatan popcorn.

Kendati berbahaya, Badan Kesehatan Amerika (FDA) memperbolehkan penggunaan diacetyl pada pembuatan makanan. Meski demikian, diacetyl tetap saja nggak aman bila dihirup manusia.

Orang yang hirup diacetyl berpotensi besar mengalami batuk kering hingga sesak napas parah. Demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit seperti dilansir Prevention.

“Benar, asap dalam pembuatan popcorn memang mengandung diacetyl. Jika dihirup, hal tersebut akan sangat berbahaya bagi paru-paru,” ujar Cecile Rose MD, profesor kedokteran National Jewish Health.

 

Baca juga 5 Masalah Ini Kerap Dialami Oleh Penderita Kanker Paru-Paru

 

Dilanjutkan Rose, tak banyak data ilmiah yang bisa memberitahu cara paling aman dalam mempersiapkan dan mengonsumsi popcorn. “Tapi, ada satu hal yang bisa dilakukan. Cobalah untuk tak hirup uap panas pas buka bungkus popcorn. Dengan begitu, risiko terpapar diacetyl bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Masih tetap ngotot suap-suapan pas nonton?

(Visited 64 times, 1 visits today)