Benarkah Alzheimer Ogah Dekati Orang dengan Golongan Darah O?

0
1

Berbahagialah Anda yang memiliki darah bergolongan O. Kenapa? Menurut studi yang baru-baru ini dilakukan, orang dengan golongan darah tersebut berisiko lebih kecil terkena penyakit Alzheimer!

 

Daily Mail melansir, golongan darah sejatinya memainkan peran dalam pengembangan sistem saraf seseorang. Periset menemukan bahwa orang dengan golongan darah O punya zona abu-abu lebih besar ketimbang orang dengan golongan darah lain, seperti A, B, atau AB.

Lalu apa bagusnya, ya?

“Perlu Anda ketahui, zona abu-abu yang besar berperan penting dalam melindungi seseorang dari penyakit Alzheimer,” ungkap peneliti dari University of Sheffield.

Studi ini sendiri dilakukan atas hasil kerjasama dengan IRCCS San Camillo Hospital Foundation, Venesia. Dalam penelitiannya, Matteo De Marco dan Profesor Annalena Venneri menganalisis 189 hasil scan Magnetic Resonance Imaging (MRI) relawan yang sehat.

“Kami menghitung volume zona abu-abu tiap partisipan. Selain itu, kami juga menganalisa jenis darah mereka.” ujar Matteo. Wuidih sebegitu detailnya, ya!

Ini Alasan Kenapa Makan Es Krim Bisa Bikin ‘Pening’!

Kedua periset ini menambahkan, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat apakah ada mekanisme biologis lain yang terlibat atau tidak. Sementara itu, sebagai informasi, hasil studi barusan telah diterbitkan dalam The Brain Research Bulletin.

Sebenarnya ‘alzheimer’ itu apa sih?

Alzheimer adalah kondisi dimana daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir menurun. Penyakit ini bisa dilihat dalam perubahan perilaku si penderita. Ya, penyakit ini memang menyerang kondisi otak. 

Hmmm, ini tentu jadi kabar bagus bagi mereka yang bergolongan darah O. Ini sekaligus jadi privilege buat mereka karena nggak semua orang punya golongan darah O! Apa golongan darah POPle?

 

(Visited 144 times, 1 visits today)