Benar Nggak Olahraga Angkat Beban Bisa Atasi Depresi?

0
6

Katanya sih olahraga itu bisa bantu lawan depresi. Hmmm… Sepertinya masuk akal. Tapi tipikal olahraga yang seperti apa dulu? Angkat beban?

 

Bisa jadi itu alasan yang paling sering didengar pas sedang ada obrolan santai bareng teman-teman atau para penggiat kesehatan. Apalagi para dokter yang dengan entengnya bilang ‘Keluar rumah dan olahraga lari!’

Ya, latihan olahraga kardio memang bisa menaikkan kesehatan fisik jadi oke, dan nyatanya secara signifikan bisa meredam gejala depresi.

Masalahnya, apakah hanya olahraga kardio saja? Bagaimana dengan angkat beban di gym alias angkat dumbel?

 

Benarkah Rajin Olahraga Gym Bikin Gairah Seks Naik?

 

Yang mengejutkan, jurnal JAMA Psychiatry punya jawaban untuk itu. Mereka meneliti 33 studi yang sudah lewat dengan 1877 partisipan.

Dari situ mereka menemukan kalau angkat beban nyatanya punya efek yang sama dengan olahraga kardio untuk menekan efek depresi!

 

 

Jauh sebelumnya memang sudah ada bukti ilmiah kalau angkat beban memang bisa menekan rasa gelisah atau khawatir. Tapi para periset belum tahu (saat itu) apakah bisa menekan kondisi depresi juga.

 

Hah? Kenapa Nggak Boleh Tenggak 5 Minuman Ini Sebelum Latihan Gym sih

 

Jadi kalau melihat analisis meta dari studi-studi sebelumnya, para periset menemukan kalau olahraga beban sangat baik untuk mereka yang sedang dalam kondisi depresi.

Dengan fakta ini, berarti kita nggak perlu angkat beban di gym karena alasan ingin bikin otot jadi keren!

 

 

 

foto istimewa

(Visited 40 times, 1 visits today)