Awas, Keseringan Naik Pesawat Sebabkan Kegemukan !

0
3

Tak dipungkiri, berpergian menggunakan pesawat terbang memang sangat efektif dan efisien. Sayangnya, dibalik kemudahan yang didapat, ada satu hal yang kerap jadi momok menakutkan bagi para pengguna moda transportasi tersebut. Ya, apalagi kalau bukan jet lag !

Lepas dari hal itu, tahukah Anda jika keseringan naik pesawat berpotensi besar menyebabkan kegemukan? Meski sulit dipercaya, tapi itulah hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Cell.

Menurut Eran Elinav, penerbangan dalam waktu lama menyebabkan seseorang mengalami perubahan zona waktu yang pada akhirnya mengganggu jam biologisnya. Ia menjelaskan, hal tersebut akan berdampak buruk bagi sistem metabolisme dan bisa mengakibatkan bertumbuhnya bakteri di dalam usus.

“Sistem metabolisme yang terganggu membuat sistem pencernaan tak mampu bekerja dengan baik. Tak hanya itu, kurangnya waktu istirahat juga menghambat kerja usus dalam mencerna makanan. Alhasil, berat badan Anda pun akan bertambah tanpa disadari,” ujar peneliti dari Weizmann Institute of Science, Israel, ini.

Lebih lanjut, Eran juga menuturkan bahwa ada faktor lain yang jadi penyebab kegemukan tersebut. Katanya,”Kegemukan yang terjadi bisa juga disebabkan kurangnya gerak fisik didalam pesawat, terutama saat menjalani penerbangan jarak jauh”.

 

Nah, kalau gitu silahkan Anda sempatkan banyak bergerak ketika menunggu atau transit di airport!

 

(Visited 32 times, 1 visits today)