Awas Mengecek Email di Malam Hari Berdampak Buruk!

0
0

Tak dipungkiri, kehadiran laptop dan gadget memang memberikan fleksibilitas bagi kaum pekerja untuk mengerjakan tugasnya di luar kantor. Alhasil, banyak pekerja kantoran yang masih membuka email sekalipun dirinya telah berada di rumah. Jika Anda termasuk salah seorang yang melakukan hal itu, ada baiknya untuk mulai meninggalkan kebiasaaan tersebut mulai saat ini. Kenapa? Simak beberapa alasannya berikut:

Bikin Anda susah tidur

Apakah Anda suka membuka email di malam hari? Jika ya, jangan heran bila Anda sulit tertidur. Pasalnya, sebuah studi terbaru di PNAS menyebutkan bahwa cahaya yang terpancar dari komputer atau gadget dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti mengurangi produksi melatonin tubuh serta mengganggu jam sirkadian Anda. Tak hanya itu, mengecek email di malam hari juga berpotensi besar menurunkan tingkat kewaspadaan Anda keesokan harinya.

Meningkatkan risiko depresi

Cahaya yang terpancar dari komputer atau gadget juga membuat Anda rentan terhadap depresi. Kata peneliti, cahaya tersebut dapat merusak mood Anda serta mempengaruhi kinerja otak yang pada akhirnya menyebabkan stres.

Bikin Anda jadi benci pekerjaan

Selain menyebabkan masalah kesehatan, mengecek email di malam hari juga dapat menimbulkan masalah baru. Tahun lalu, para peneliti menemukan fakta yang menyebutkan, orang yang kerap membuka email setelah pulang kantor lama-kelamaan akan membenci pekerjaannya sendiri.

Jam kerja Anda jadi makin panjang (tanpa mendapatkan bayaran)

Saat Anda membuka email terkait pekerjaan  di malam hari, itu artinya Anda telah memperpanjang waktu kerja Anda, demikian menurut studi yang dipresentasikan dalam pertemuan British Psychological Society. Yang jadi pertanyaan, apakah dengan membuka email tersebut penghasilan Anda akan meningkat? Jika Anda bergelut di dunia bisnis, mungkin peluang Anda di bisnis tersebut akan semakin lebar. Tapi, bagaimana bagi jika Anda seorang pekerja kantoran? Ya, cukup jawab dalam hati.

Menimbun penyakit

Sebuah studi yang dilakukan di Jerman menjelaskan, setengah dari 50.000 orang yang disurvei mengakui dirinya bekerja di rumah pada malam hari. Dari survei tersebut diketahui bahwa mereka yang masih membuka email di malam hari mengalami berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. Anda tentu sudah banyak tahu penyakit apa saja yang bisa timbul akibat kurangnya waktu istirahat.

Ya, itulah beberapa alasan kenapa Anda disarankan untuk tak mengecek email di malam hari. “Sebisa mungkin, jauhkanlah tangan Anda dari laptop atau gadget saat beranjak ke tempat tidur” pungkas Jeff Davidson, penulis buku Breathing Space.  

(Visited 59 times, 1 visits today)