Hati-Hati, Jerawat Ketiak Bisa Jadi Sinyal Kondisi Berbahaya!

0
5

Jangan pernah sepelekan jerawat ketiak sebab bisa jadi tanda kondisi berbahaya!

 

Jerawat di wajah atau punggung, mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya jika jerawat muncul di ketiak? Nah, itu patut diwaspadai!

Diungkapkan periset, ada dua hal yang bisa jadi pemicu jerawat ketiak. Pertama adalah karena mencukur bulu ketiak dan kedua karena kista sebaceous alias kista bawah kulit.

 

Jerawat ketiak bisa timbul karena bercukur
Jerawat ketiak bisa timbul karena bercukur

 

“Saat cukur bulu ketiak, maka rambut akan tumbuh ke dalam. Jika terkena gesekan, bisa timbulkan peradangan. Tapi bila Anda tak bercukur, bisa jadi benjolan yang muncul dipicu oleh kista sebaceous,” ujar dokter umum asal Australia, Ginni Mansberg.

Bagaimana mencegah jerawat ketiak?

Kata periset, cara paling ampuh adalah tak lakukan pencukuran bulu ketiak. Tapi, jika memang harus tetap dilakukan, ahli menyarankan untuk gunakan krim pelembab bercukur serta pisau cukur yang baru dan tajam. Untuk kurangi risiko luka, jangan pernah tekan pisau ke kulit terlalu keras.

Pengobatannya?

Jika jerawat ketiak yang timbul dipicu karena bercukur, Mansberg sarankan untuk gosok area yang terdampak menggunakan kain halus basah dua kali sehari. “Dengan menerapkan langkah tersebut, rambut yang terjebak di dalam kulit otomatis akan keluar,” terangnya.

Terkait hal itu, Debra Wattenberg, MD, juga merekomendasikan agar benjolan atau jerawat ketiak diolesi krim kortison secara rutin. Hal itu bisa meredakan peradangan dan rasa tak nyaman di sekitar ketiak. Demikian dilansir Live Strong.

 

Riset: Wanita Lebih Tertarik ke Pria Tak Berbulu Ketiak!

 

Lain halnya jika jerawat dipicu kista. “Satu-satunya langkah yang perlu dilakukan adalah kunjungi dokter kulit untuk dapatkan penanganan medis,” pungkas Debra yang bekerja sebagai asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York.

Oh ya, meski ketiak jarang terpapar sinar matahari, bukan berarti ia bebas dari kanker. Apabila benjolan di ketiak terasa sakit, gatal, atau berdarah dalam waktu lama, segera periksakan diri ke dokter.

Kenapa?

Bisa saja benjolan tersebut adalah kanker kulit.

 

Gimana, sudah paham kan? Mulai sekarang, jangan pernah lagi sepelekan jerawat ketiak!

(Visited 6,247 times, 1 visits today)