Berbahayakah Jika Tak Sengaja Menelan Rambut di Makanan?

0
9

Ini yang bakal terjadi bila Anda tak sengaja menelan rambut yang terselip di makanan

Menjijikkan! Ya, itulah yang akan kita rasakan ketika menemukan sehelai rambut di dalam makanan yang akan disantap. Rasa jijik tersebut sebenarnya muncul lantaran kita tak mengetahui dari mana rambut itu berasal, apakah milik kita sendiri atau milik orang lain yang tak sengaja jatuh ke dalamnya.

Bicara rambut di dalam makanan, ada satu pertanyaan yang mengemuka. Pertanyaannya: Berbahayakah jika tak sengaja menelan rambut yang terselip di makanan?

Menelan rambut pada dasarnya tak punya dampak buruk bagi kesehatan.
Menelan rambut pada dasarnya tak punya dampak buruk bagi kesehatan.

Menanggapi permasalahan tersebut, badan kesehatan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA), angkat bicara. Menurut mereka, Anda tak perlu khawatir bila tak sengaja menelan rambut yang ada di makanan. Pihak FDA bahkan tak mengeluarkan peringatan apapun terhadap makanan yang kebetulan dihinggapi rambut. Selain itu, hingga kini, mereka juga belum pernah menerima laporan ada orang yang sakit karena ketidaksengajaan ini.

Sementara itu, diungkapkan Maria Colavincenzo, dermatologist yang juga spesialis rambut dari Northwestern University, tak sengaja menelan rambut pada dasarnya tak akan menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Kata dia, rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, yang mana secara kimiawi tidak aktif dan berpengaruh bagi tubuh apabila dicerna.

“Perlu Anda tahu, yang mungkin menyebabkan masalah adalah staphylococcus, bakteri yang biasa ada di helai rambut tertentu. Bakteri tersebut bisa menimbulkan gangguan perut seperti diare bila tertelan dalam jumlah banyak. Namun, jika yang tertelan hanya sedikit, hal tersebut tak akan jadi masalah,” terang Maria seperti dilansir popsci.com.

Dilanjutkan Maria, hal berbeda baru bakal terjadi bila Anda menelan rambut dalam jumlah banyak. Menurutnya, rambut akan menggumpal di sistem pencernaan apabila jumlahnya tak sedikit. Dalam dunia medis, kebiasaan ini  dalam jumlah banyak akan menyebabkan yang namanya trichobezoars. Efeknya sendiri adalah nyeri perut.

Baca juga: Ga Usah Pusing, Ini Alasan Kenapa Puting Kaum Adam Tumbuh Rambut!

Di sisi lain, Anda mungkin sudah banyak menelan rambut dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa bisa demikian? Dijelaskan peneliti, banyak makanan olahan yang menggunakan L-cysteine dalam proses pembuatannya. L-cysteine sendiri merupakan asam amino di keratin yang bisa membuat adonan lebih stabil serta membuat makanan jadi lebih gurih. Sekedar info, beberapa pabrik bahkan menggunakan bulu bebek atau rambut manusia untuk mendapatkan zat tersebut.

Gimana, sudah paham kan? Jadi, mulai sekarang, tak perlu khawatir lagi apabila tak sengaja menelan rambut yang terselip di makanan!

(Visited 3,538 times, 1 visits today)