Sering Pipis Di Kolam Renang? Hiii… Ini Bahayanya!

0
2
Sumber Gambar: Framepool Stock Footage

Berbeda dari olahraga lain yang biasanya membuat sekujur tubuh banjir keringat, berenang memang tidak demikian. Di dalam kolam yang penuh dengan air, rasanya tubuh tidak akan mengeluarkan keringat. Pun kalau memang berkeringat, pastilah langsung bercampur dengan air kolam dan tidak sempat menempel di tubuh. Tetapi, walau tidak berkeringat, bukan berarti tubuh POPle tetap bersih loh selama berenang.

Well, mulai dari kaporit sampai urin-urin tidak bertanggung jawab, keduanya siap menghantui POPle. Yes, entah gara-gara malas beranjak dari dalam kolam atau memang sudah tidak bisa ditahan, sebagian orang mengaku pernah pipis sambil berenang. Padahal, walau terkesan lebih praktis, pipis di kolam renang berbahaya untuk kesehatan, loh.

 

Mandi Bersama Pasangan, Jangan Lupa Pilih Suhu Air Yang Tepat

 

Urin + kaporit = racun!

Sumber Gambar: Bandcamp

Yes, selain membuat air di kolam renang berbau tidak sedap, urin yang bercampur dengan zat klorin–yang dihasilkan oleh kaporit–nyatanya berbahaya untuk kesehatan. Menurut salah satu penelitian dalam jurnal Environmental Science & Technology, urin yang bercampur dengan zat klorin bisa menghasilkan senyawa bernama sianogen klorida (cyanogen chloride). Kalau sampai masuk ke dalam tubuh, senyawa beracun tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru, jantung, bahkan sistem saraf pusat. Well, tidak heran sih, FYI sianogen klorida memang dikenal sebagai salah satu primadona biological weapon dalam perang.

Tetapi tergantung kadarnya…

Sumber Gambar: Sindhi Dunya

Eits, walau demikian, POPle tidak perlu langsung panik dan mendadak paranoid dengan kolam renang, loh. Menurut WHO, sianogen klorida baru mengancam kesehatan jika kadarnya mencapai 70 mikogram per liter. Sementara, menurut hasil penelitian, kadar sianogen klorida yang ditemukan di kolam renang hanya mencapai 30 mikrogram per liter alias kurang dari setengahnya. Tetapi, bukan berarti bisa bernapas lega juga, sih. Soalnya, kalau kebetulan air di kolam renang baru saja diganti, kadar klorin yang dihasilkan pastilah menjadi lebih tinggi. Otomatis, kemungkinan berubah menjadi zat beracun (setelah bercampur dengan urin) juga naik beberapa persen.

 

Jangan Nekat, Ini 5 Risiko Bercinta Di Kamar Mandi!

 

Well, dengan demikian, tidak ada salahnya loh untuk saling mengingatkan supaya tidak sembarangan pipis di kolam renang. Bahkan, begitu terlihat ada yang mencurigakan, tidak ada salahnya menegur atau sekadar basa-basi tentang bahaya pipis di kolam renang. Beracun, dan mematikan. Hiii!

 

(Visited 130 times, 1 visits today)