Bakar Kalori Enakkan Pas Berendam Air Panas atau Olahraga?

0
2

Studi baru mengklaim berendam air panas itu sama okenya dengan 30 menit berjalan kaki. Jadi enak bakar kalori pakai cara mana, nih?

 

Banyak dari kita inginkan berat badan ideal. Cara dapatkannya jelas dengan olahraga!

Namun tak selamanya bakar kalori itu bisa dengan olahraga. Ya, ada alternatif lain misalnya saja dengan berendam air panas.

Cara ini diklaim bisa membakar kalori.

Hmmm, jadi bagaimana, berhenti olahraga agar bisa habiskan waktu berendam air panas saja?

Jika ya, berikut adalah beberapa fakta lebih lanjut tentang studi banding yang dilakukan antara olahraga dan  berendam air panas seperti dikutip Boldsky.

 

#1 AKTIFITAS BERSEPEDA

Lewat penelitian terpisah, peneliti membandingkan dua kelompok orang. Kelompok pertama dilibatkan dalam aktifitas bersepeda selama satu jam, sedangkan kelompok kedua hanya habiskan satu jam di pemandian air panas (104 derajat F).

 

#2  PENINGKATAN SUHU

Periset lebih fokus pada peningkatan suhu tubuh. Kedua proses penelitian lakukan hal yang sama. Tapi yang mengejutkan: berendam air panas itu mampu membakar hampir 130 kalori!

 

Waspada! Bahaya Mandi Air Panas Bagi Kulit 

 

#3  BAKAR LEBIH BANYAK KALORI

Ternyata kita bisa membakar kira-kira 130 kalori jika berjalan-jalan selama 30 menit. Tentu saja, bersepeda membakar lebih banyak kalori daripada berendam di bak mandi air panas.

 

#4  EFEK ANTI-INFLAMASI

Studi ini juga mengungkap fakta: berendam air panas juga bisa mengurangi kadar gula darah! Temuan menarik lainnya adalah berendam air panas juga memberi efek anti-inflamasi (inflamasi adalah atau radang adalah respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi) yang diberikan pas kita berolahraga.

 

 

Mau Diet Tapi Malas Olahraga? Segera Berendam Air Panas!

 

#5  OLAHRAGA

Selain itu, peran olahraga tak bisa dipandang remeh bahkan jika pemandian air panas sepertinya bisa membakar beberapa kalori. Jadi, teruslah olahraga tapi saat cuaca tak mengizinkan kita olahraga, istirahatlah di bak mandi air panas dan bakar beberapa kalori. Ah, nikmatnya …

 

Oh ya, penelitian ini hanya dilakukan pada pria, jadi kita tak tahu sejauh mana efeknya bagi wanita. So, siap-siap berendam di air panas?

 

 

 

 

editor o.j.

(Visited 159 times, 1 visits today)