Benarkah Tomat Bisa Picu Bau Badan Tak Sedap?

0
4

Saat membaca judul di atas, Anda mungkin bertanya-tanya: Apa sebenarnya hubungan antara tomat dan bau badan? Daripada bingung, langsung saja, simak ulasan kami berikut ini!

Sebuah artikel di Medical Hypotheses menjelaskan, mengkonsumsi tomat dalam jumlah banyak memang bisa memicu bau badan. Penyebabnya tak lain karena kandungan lycopene yang tersemat di dalamnya.

Menurut studi, tomat punya manfaat mantap bagi kesuburan pria. Selengkapnya, baca ini: Kualitas Sperma Oke Berkat Tomat?

Dilansir care2, lycopene merupakan salah satu jenis terpene alias senyawa kimia yang punya karakteristik sama dengan bau badan yang keluar dari ketiak manusia.

JCM Stewart, ahli biokimia asal Irlandia, mengatakan, bau badan pada dasarnya disebabkan oleh terpene yang keluar melalui kelenjar keringat. “Ketika Anda konsumsi makanan tinggi lycopene dalam jumlah banyak, produksi terpene pun secara otomatis akan meningkat. Dan ya, hal itu tentu saja akan membuat keringat Anda makin parah” ujarnya.

Lantas, apakah tomat harus dijauhi? Kata Stewart, tidak juga. Temuan ini sebaiknya tak membuat Anda memusuhi tomat. Diungkapkan Stewart, tomat sarat kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

“Mungkin, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurangi jumlah tomat yang Anda konsumsi” pungkas Stewart.

(Visited 158 times, 1 visits today)