Awas, 5 Makanan & Minuman Ini Bisa Bikin Kulit Berminyak!

0
1

Ada sejumlah makanan yang dipercaya bisa bikin kulit berminyak. Tentu saja kita memang harus jaga makanan pula agar tetap sehat, terutama kesehatan kulit biar tak cepat keriput!

 

Tipe kulit manusia berbeda satu sama lain. Ada yang berminyak, ada pula yang kering. Dalam hal ini, kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat, terlebih jika pribadi yang mengalaminya kerap stres atau malas melakukan perawatan kulit.

Diungkapkan periset, ada banyak faktor yang memicu kulit berminyak, namun satu yang utama adalah makanan yang disantap sehari-hari. Perlu diketahui, makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Sebaliknya, makanan berbahan tertentu bisa meningkatkan produksi minyak dalam tubuh.

“Kulit adalah bagian tubuh terbesar yang membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatannya. Kulit Anda mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” ujar ahli perawatan kulit, Dr. Arleen Lamba.

Nah, untuk mencegah agar tubuh tak memproduksi minyak berlebih, ada baiknya jika Anda hindari sederet makanan berikut ini.

 

Kentang atau keripik

kulit berminyak

Dr. Lamba menuturkan, lemak dan minyak yang tersemat dalam makanan berpotensi besar meningkatkan produksi minyak tubuh. Kata dia, mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan memicu timbulnya jerawat. Santapan yang dimaksud meliputi kentang goreng dan keripik.

 

Susu

Kulit berminyakKonsumsi susu yang berlebihan dipercaya dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon yang tersemat dalam susu, Dr. Lamba menyarankan agar Anda beralih ke produk alternatif, seperti susu almond.

 

Alkohol

Menenggak alkohol pada dasarnya akan meningkatkan indeks  panas tubuh Anda. Artinya, tubuh akan lebih hangat dan cenderung berkeringat saat mengonsumsi minuman tersebut. “Nah, meningkatnya keringat tubuh ini akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, yang akhirnya dapat memicu tumbuhnya jerawat,” jelas Dr. Lamba.

Wah, Kulit Jeruk Ternyata Punya Segudang Manfaat Sehat!

 

Roti dan nasi putih

Kulit berminyakNasi putih, roti, atau makanan berkarbohidrat lainnya sangat tinggi akan indeks glikemik. Dijelaskan Dr. Lamba, sederet makanan tadi sejatinya dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Demikian dilansir bustle.com.

 

Gula

Kulit berminyakDr. Lamba menambahkan, gula tak hanya bisa memengaruhi kesehatan mental, namun juga dapat memicu kerusakan kulit. “Tak hanya bikin kulit berminyak, konsumsi gula berlebih juga berpotensi sebabkan peradangan,” pungkasnya.

(Visited 1,045 times, 1 visits today)