Mata Perih Kena Cabai? Ini Cara Pintar Untuk Mengatasinya!

0
71

Menurut riset, ada 5 cara pintar untuk mengatasi mata perih kena cabai

Seorang koki yang notabene sering memotong cabai dan para pencinta makanan pedas seringkali mengalami kejadian memilukan, yakni kena ciprat cabai atau kuah dari makanan pedas yang mereka santap. Saat mengalaminya, mata otomatis bakal perih dan berubah warna jadi merah.

mata perih kena cabai

Lantas, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengatasi mata perih kena cabai? Berikut sederet langkah pintar yang bisa Anda terapkan!

 

Gunakan susu

mata perih kena cabai

Menurut ilmuwan, susu mampu menetralisir capsaicin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar. Selain itu, susu juga sanggup menghilangkan minyak dalam cabai penyebab rasa perih. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu membilas mata menggunakan susu sampai mata terasa lebih baik.

 

Pakai larutan garam

mata perih kena cabai

Cara selanjutnya untuk mengatasi mata perih kena cabai adalah dengan memanfaatkan larutan garam. Bilaslah mata dengan air jenis tersebut dengan perlahan. Catatan penting, hindari menyentuh mata dengan tangan sebab hal tersebut bisa mengaktifkan kapiler yang pada akhirnya mengakibatkan mata jadi lebih sakit.

 

Pakai handuk basah

mata perih kena cabai

Anda juga bisa gunakan handuk basah untuk atasi mata perih kena cabai. Dalam hal ini, letakkanlah handuk basah di atas mata lalu diamkan selama beberapa saat. Peneliti percaya langkah tersebut mampu meringankan perih pada mata akibat terkena cabai.

 

Bilas pakai sabun mandi

mata perih kena cabai

Minyak dalam cabai penyebab rasa perih pada mata juga bisa hilang dengan memanfaatkan sabun mandi. Bilaslah mata Anda dengan sabun secara perlahan selama beberapa saat. Setelah rasa perih mulai mereda, bilas lagi mata Anda menggunakan air bersih. Demikian dilansir indiatimes.com.

 

Mau tahu cara mudah atasi mata bintitan? Baca: Jurus Jitu Atasi Mata Bintitan

 

Manfaatkan air

mata perih kena cabai

Jika tak ada pilihan lain, Anda bisa manfaatkan air untuk meredakan mata perih akibat cabai. Anda bisa menerapkannya dengan cara membilas mata atau dengan menaruh air dingin di dalam mangkuk kemudian tenggelamkan mata Anda di dalamnya. Buka-tutup mata Anda saat melakukan langkah tersebut. Awalnya memang akan terasa sulit, namun lama kelamaan bakal terbiasa.

Gimana, mudah bukan?

(Visited 1,236 times, 1 visits today)