Hati-hati, Ini Dampak Buruk Gemar Kunyah Es batu!

0
0

Gemar kunyah es batu punya dampak buruk bagi kesehatan tubuh

Seseorang biasanya akan mengunyah es batu untuk membunuh kebosanan atau mungkin karena mulutnya sedang kering. Ya, walau kebiasaan tersebut tak langsung menyebabkan masalah, namun pada kenyataannya keseringan kunyah es batu punya dampak buruk bagi kesehatan.

Gemar kunyah es batu

Menurut riset, sebagian besar orang akan mengunyah es batu untuk menciptakan sensasi dingin di dalam mulut. Peneliti sendiri mengaitkan kebiasaan ini dengan masalah anemia. Meski tak benar-benar memahaminya, mereka menduga bahwa kebiasaan tersebut berkaitan erat dengan gangguan yang disebut Pagophagia.

Lantas, apa saja efek negatif gemar kunyah es batu?

Kerusakan gigi

Masalah umum yang kerap terjadi akibat kebiasaan kunyah es batu adalah kerusakan gigi. Perlu Anda tahu, mengunyah es batu berpotensi besar menyebabkan enamel gigi jadi terganggu. Ke depannya, bukan tak mungkin akan timbul masalah seperti gigi rapuh, nyeri, bahkan sakit pada gusi.

Defisiensi zat besi

Pada sejumlah orang, kekurangan zat besi bisa memicu mereka untuk mengunyah es batu. Bila hal itu memang terjadi, ada baiknya cukupi kebutuhan zat besi tubuh agar kebiasaan buruk tersebut bisa diatasi.

Bikin tubuh lemas

Untuk menekan nafsu makan, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan kunyah es batu. Tapi, perlu diingat, kendati kebiasaan tersebut mampu turunkan berat badan, namun hal itu bisa bikin tubuh jadi lemas tak bertenaga.

Mual

Sebagaimana dilansir Boldsky, orang yang mengalami dehidrasi dan mual juga pada dasarnya ingin terus-terusan mengunyah es batu sepanjang waktu. Bila Anda mengalami salah satu gejala tersebut, sebaiknya kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hilangnya nafsu makan

Orang yang sering kunyah es batu dalam jumlah besar pada umumnya cenderung kehilangan selera untuk makan. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika tak segera diatasi, bukan tak mungkin orang tersebut akan mengalami gizi buruk.

Baca juga: Selain Bikin Lemas, Hubungan Seks Juga Punya Beberapa Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

Fiksasi oral

Sejumlah orang diketahui memiliki fiksasi oral. Orang dengan kondisi tersebut biasanya ingin mengunyah es batu karena mereka ingin ada sesuatu di dalam mulut sepanjang waktu.

(Visited 259 times, 1 visits today)