Duh, Ini Efek Buruk Jika Pakai Earphone Berlebihan!

0
1

Berhati-hatilah bagi Anda yang kerap dengarkan musik via earphone dengan volume keras! Menurut riset, kebiasaan tersebut berpotensi besar menyebabkan telinga jadi tuli secara perlahan!

Berikut beberapa dampak buruk jika pakai earphone berlebihan.

 

Tinnitus dan sakit kepala

Selain tuli, memakai earphone berlebihan juga bisa akibatkan sakit kepala dan tinnitus atau gangguan pendengaran. Biasanya, penderita tinnitus akan mendengar suara seperti sensasi berdengung di telinga secara konstan.

 

Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan earphone sangat tak baik bagi kesehatan. Ya, gelombang tersebut dapat memicu kerusakan kolateral otak.

 

Infeksi telinga

Infeksi telinga bisa saja terjadi bila Anda berbagi earphone dengan orang lain. Kok bisa? Karena Anda tak pernah tahu apakah orang yang berbagi dengan Anda menderita infeksi telinga atau tidak. Solusi terbaik, hindarilah pemakaian earphone secara bergantian.

 

Lantas, seperti apa tata cara menggunakan earphone yang baik dan benar?

 

Hindari volume keras

Periset tuturkan bahwa telinga manusia punya batas pendengaran tertentu. Kata mereka (ilmuwan), tingkat suara yang melebihi 85 desibel dapat menyebabkan tuli permanen.

 

Jangan pakai earphone lebih dari 30 menit

Jangan pernah gunakan earphone lebih dari 30 menit, sebab dapat memicu kerusakan telinga! Peneliti menyarankan agar Anda mengambil jeda kurang-lebih selama 15 menit. Demikian dilansir Boldsky.

 


 

Baca juga Seks Solo Berlebihan? Stop Sekarang!

 

Hindari pakai earphone berukuran kecil

Earphone dengan ukuran kecil akan langsung menyalurkan suara ke telinga. Itu akan menghalangi saluran udara di dalam telinga. Jika dibiarkan terus-menerus terjadi, telinga pun akan mengalami gangguan.

Masih berani pakai earphone berlebihan?

(Visited 123 times, 1 visits today)