Fakta Seru ‘Upil’ dan Kesehatan Hidung

0
13

Apa Anda pernah membayangkan bagaiamana proses terjadinya upil? Faktanya aktivitas mengupil sering dilakukan tanpa peduli darimana si upil-upil tersebut berasal. Ini biasa disebut dengan istilah ‘menggali harta karun’. Dimana Anda bisa jadi sangat menghayati dan fokus sekali ketika mengorek-ngorek hidung.

Lebay buang ingus bikin infeksi? Simak Jangan Buang Ingus Terlalu Keras !

Memang terlihat jorok. Namun, serajin apapun Anda membersihkan hidung, upil akan terus saja hadir. Hmmm … kira-kira apa penyebabnya ya? Terus apakah mengupil itu sehat? 

 

 

#1  Kelembaban

Upil adalah kerak dari ingus yang mengering. Faktor lingkungan yang lembab membuat produksi lendir pernafasan meningkat. Selain itu kelembaban juga membuat mukosa (lapisan terluar rongga hidung) mengering. Hal ini menyebabkan lendir cepat mengering sehingga jadilah upil!

 

#2  Bertambah paska operasi

Beberapa akivitas operasi pada hidung ternyata bisa memicu cedera seperti sekat hidung yang berlubang. Kondisi ini akan membuat produksi lendir meningkat dan jika mukosa kering maka kerak upil akan cepat terbentuk.

 

 

#3 Terasa asin

Ini ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Rasa asin dari upil ada bermula dari komponen lendir hidung yang terdiri dari cairan yang mengandung protein, karbohidrat, garam-garaman hasil ekskresi dan juga debris sel.

 

#4 Sindrom Rhinotillexomania

Ini adalah sebutan untuk orang yang memiliki aktivitas menyimpang seperti memakan atau menyimpan upilnya sendiri. Fakta mengejutkannya, menurut Stefan Gates dalam bukunya, Gastronout, 44% dari orang respondennya bilang kalau mereka suka memakan upilnya sendiri setelah berusia dewasa. Duh, berani coba?

 

Hobi mimisan? Coba buka Sering Mimisan? Ini Cara Cepat Mengatasinya !

 

#5 Rhinitis Ozaena

Jika Anda pernah mencium bau tak sedap, sementara orang di sekitar Anda tak menciumnya. Bisa jadi bau tak sedap tersebut berasal dari lubang hidung sendiri. Ini disebut Rhinitis Ozaena, sebuah infeksi kronis di lubang hidung dan ini biasanya ditandai dengan meningkatnya upil dalam hidung.

 

#6 Ngupil jangan ‘lebay’

Ngupil memang terasa bagai ritual. Penuh penghayatan dan asyik dilakukan di tempat yang private. Namun, beberapa dokter mengingatkan untuk memerhatikan kebersihan jari Anda sebelum mengupil. Jari yang tidak steril dan terlalu kasar saat mengorek ternyata adalah penyebab infeksi. Jika tak ingin bakteri masuk ke hidung, Anda bisa pakai nasal spray (cairan khusus) pembersih hidung.

 

 

Upil yang terus ada dalam hidung Anda memang agak mengganggu. Namun itu pertanda sistem filterisasi yang dilakukan bulu hidung dan lendir berjalan dengan baik. Jadi, lembutlah ketika membersihkan hidung.

 

(Visited 1,538 times, 1 visits today)