Gemar Konsumsi Sosis? Hentikan Saat Ini Juga !

0
0

Saat meja makan kosong melompong, melangkahkan kaki ke dapur kemudian menggoreng sosis atau daging olahan lain memang bisa jadi pilihan tepat. Praktis ! Ya, itulah alasan utamanya. Apalagi jika kebetulan di saat yang sama Anda sedang malas keluar rumah untuk membeli makanan.

Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang punya kebiasaan seperti itu, cobalah untuk menghentikannya saat ini juga. Pasalnya, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi makanan tersebut berpotensi besar sebabkan kanker pankreas.

Mengkonsumsi 50g daging olahan atau setara dengan satu sosis setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker pankreas sebesar 19 persen.  Sementara orang yang mengkonsumsi 100g tiap hari risikonya meningkat jadi 38 persen dan 57 persen bagi mereka yang mengkonsumsi 150g tiap hari, demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.

Peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, mengatakan, angka risiko penyakit kanker pankreas memang relatif rendah. Namun, saat didiagnosis, pada umumnya sudah dalam stadium lanjut, sehingga mengakibatkan 80 persen kasus kematian.

Untuk membuktikannya, mereka pun menganalisis data dari 11 studi termasuk 6.643 kasus kanker pankreas. Setelah diteliti, hasilnya pun ditemukan. “Temuan dari meta-analisis menunjukkan, mengkonsumsi daging olahan berhubungan positif dengan risiko kanker pankreas. Perlu diketahui, penderita kanker pankreas punya tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah,” jelas profesor Susanna Larsson, penulis dalam studi tersebut.

Oh ya, selain membatasi konsumsi daging olahan, ada baiknya jika Anda juga menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah kanker pankreas. “Tak hanya berolahraga secara teratur, cobalah untuk hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang,” pungkas Sara Hiom, direktur informasi di Cancer Research UK.

 

(Visited 60 times, 1 visits today)