3 Tips Menjadi Sehat Ala Pembalap F1

0
2
lari untuk kesehatan tulang

Hal apa saja yang harus diperhatikan seorang pembalap F1 untuk menjaga kesehatannya? Ini dia beberapa hal tersebut, mungkin Anda bisa menirunya.

Bayangkan jika Anda mengemudikan mobil tercepat di dunia, bayangkan juga ketegangan yang menimpa tubuh Anda. Pembalap harus memiliki tubuh paling fit dibanding atlet-atlet lainnya. Ia harus lebih fit dari pesepakbola dan lebih luwes dari atlet atletik.

Saat balapan berlangsung, pembalap harus tetap tenang, fokus dan harus terus berkomunikasi dengan tim ketika bermanuver menggunakan kendaraan rumit di sirkuit yang tak familiar bersama pembalap lainnya.

Mengemudi Dua Jam Lebih Bisa Bikin IQ Berkurang, Apalagi Sedang Macet!

Melatih Jantung Dengan Berlari

Detak jantung manusia normal rata-rata 60 per menit, meningkat menjadi 150 per menit ketika berlari di treadmill.  Dr. Riccardo Ceccarelli, dokter dari klinik Formula Medicine Italia, mengatakan “Tak ada olahraga lain yang memiliki tingkat stres lebih tinggi daripada F1.”

David Coulthard mencatat detak jantung sebanyak 198 per menit dalam dua jam balapan, hampir sama seperti pelari marathon ketika melewati garis finis. Oleh karena itu para pembalap wajib memasukkan latihan kardiovaskular sampai empat jam per hari. Yang termasuk latihan kardiovaskular adalah jogging, bersepeda atau rollerblade. Latihan-latihan ini juga membantu untuk mengontrol berat badan.

Ini Segudang Manfaat Membaca Buku Beberapa Menit Setiap Hari!

Latihan Leher

Dr. Riccardo Ceccarelli juga berpendapat bahwa tak ada olahraga lain yang membebani otot leher seberat F1. Leher harus menahan berat kepala dan helm yang mencapai 6 kilogram dalam kondisi normal. Dalam kondisi menikung, tekanan gravitasi bisa mencapai 4G. Pada kondisi itulah beban yang harus ditopang leher meningkat hingga 24 kilogram.

Hal tersebut yang membuat otot leher menjadi otot paling penting bagi pembalap. Latihan mendayung dan angkat beban dilakukan untuk melatih otot leher. Tapi jangan berlebihan, karena kokpit sempit mobil F1 bukan tempat bagi seseorang yang memiliki badan berotot.

Diet Ala Pembalap F1

Menu makan para pembalap F1 hampir sama seperti atlet atletik – mereka dengan hati-hati membatasi karbohidrat dan protein yang masuk. Tapi menjelang balapan mereka justru memakan banyak karbohidrat untuk sumber energi mereka saat balapan.

(Visited 165 times, 1 visits today)