Ini Alasan Kenapa Makan Es Krim Bisa Bikin ‘Pening’!

0
3

Kendati sering dibilang makanan anak-anak, namun es krim pada kenyataannya juga disukai oleh orang dewasa. Kami yakin Anda sepakat dengan hal ini. Bicara es krim, ada satu hal perlu Anda ketahui. Apa itu? Menurut studi yang baru-baru ini dipublikasikan, es krim ternyata bisa memicu sakit kepala. Kok bisa?

Dijelaskan periset, mengkonsumsi es krim memang berpotensi besar menyebabkan sakit kepala. Kata mereka, pusing yang dirasa biasanya hanya terjadi sesaat dan tak berlangsung lama, demikian seperti dilansir laman Daily Mail.

Penelitian yang diterbitkan ASAPScience menjelaskan,  sakit kepala yang disebabkan karena makan es krim biasanya hanya berlangsung selama 20 detik dan itu terjadi ketika es krim menyentuh langit-lagit mulut.

“Ketika es krim masuk ke mulut, langit-langit mulut akan berkontraksi. Saat itu pula terjadi peningkatan aliran darah menuju otak yang tujuannya agar tubuh tetap hangat. Nah, aliran darah ekstra itulah yang menyebabkan tekanan di otak meningkat dan berujung pada sakit kepala” tulis penelitian ini.

Peneliti menambahkan, saat es krim telah meleleh dan suhu tubuh juga sudah menghangat, pusing yang dialami secara perlahan akan menghilang. Namun, karena ketahanan tubuh setiap orang berbeda-beda, tak semua orang mengalami hal itu. Pada orang yang tingkat kekebalan tubuhnya rendah, sakit kepala akan semakin bertambah sewaktu es krim menyentuh kerongkongan.

“Sakit kepala akibat makan es krim merupakan hal yang lumrah terjadi, sehingga tak ada yang perlu ditakuti.  Itu merupakan respon normal tubuh terhadap dingin, sama halnya ketika tubuh menjaga organ vital agar tetap dalam kondisi hangat” tutup peneliti.  

(Visited 174 times, 1 visits today)