Jangan Panik, Ini Cara Simpel Atasi Cegukan Dalam Hitungan Detik!

0
1

Ternyata kita bisa atasi cegukan dalam hitungan detik!

 

Tak dipungkiri, kita semua tentu pernah alami yang namanya cegukan. Umumnya, cegukan bakal hilang pas minum air atau terkadang bisa berhenti sendiri. Intinya, cegukan adalah kondisi normal.

Dari segi medis, cegukan adalah kontraksi kuat pada diafragma yang bisa bikin ruang pita suara tertutup, sehingga timbul suara ‘hik’ berulang. Dalam kasus ekstrem, cegukan bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama. Demikian situs Mentalfloss.

 

Cegukan bisa diatasi dalam hitungan detik.
Cegukan bisa diatasi dalam hitungan detik

 

Ada kisah unik. Ada orang yang pernah punya pengalaman pahit mengenai cegukan. Orang ini kerap cegukan saat dadanya sedang sakit. “Aku nggak perlu kasih tahu bagaimana sakitnya apalagi dada lagi sakit,” ujarnya.

Lalu ia mengunjungi dokter. ”Saat ada di ruangan, sang dokter kasih satu rahasia yang sangat berharga. Ia (dokter) kasih tahu cara sederhana untuk atasi cegukan dalam waktu singkat. Hebatnya, itu bisa dilakukan hanya dalam waktu 15 detik saja!”

Seperti apa itu?

Ini dia:

 

#1

Pertama, hiruplah udara sebanyak mungkin agar udara memenuhi paru-paru.

 

#2

Jika merasa udara yang dihirup sudah banyak, cobalah hirup lagi udara lebih banyak lagi.

 

cegukan

 

#3

Bila sudah, tahanlah napas selama kurang-lebih 10 detik.

 

#4

Langkah selanjutnya, telan udara tersebut sebelum menghembuskan napas.

 

Mudah, ‘kan?

 

cegukan

 

Nah, bicara cegukan, ada satu fakta mengejutkan yang perlu diketahui. Menurut riset, cegukan ternyata bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Ada seorang pria 35 tahun mengalami cegukan selama lima hari. Setelah dua kali berobat, ia hanya diberikan obat dan tak dirawat inap. Kabar buruk datang saat ia ke dokter untuk kali ketiga. Usai diperiksa intensif, dokter bilang bahwa penyebab cegukan berlebihan dirinya adalah karena tumor besar yang bersarang di lehernya!

Sakit kepala usai bercinta bisa jadi tanda tumor! Baca Kerap Sakit Kepala Usai Bercinta? Hati-Hati Gejala Tumor!

“Tumor tersebut dikenal sebagai Hemangioblastoma, tumor jinak yang menekan akar saraf tulang belakang,” jelas Long Island Jewish Medical Center, Dr. Mark Goldin.

 

Waduh!

(Visited 1,669 times, 1 visits today)