Belum Tahu? Ini Kegiatan Sehat Yang Bahaya Dilakukan Waktu Marah

0
1
Sumber Gambar: muscleandfitness.com

Selain menjaga tubuh tetap sehat, olahraga juga terbukti ampuh meningkatkan mood seharian. Tidak mudah stres, pun bad mood, karena hormon endorfin yang dihasilkan tubuh menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. So, tidak heran rasanya kalau sebagian orang memilih olahraga sebagai sarana untuk melampiaskan amarah bawaan stres. Nah, masalahnya walau termasuk kegiatan sehat, olahraga yang dilakukan waktu marah justru berbahaya untuk kesehatan, loh.

Hmm, kok bisa seperti itu, ya? Jadi, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Andrew Smyth dari McMaster University, Kanada, olahraga yang dilakukan waktu POPle marah nyatanya bisa memicu serangan jantung sebanyak tiga kali dalam rentang waktu satu jam. Soalnya, emosi yang mengalir dalam tubuh dan memenuhi pikiran meningkatkan tekanan darah plus denyut jantung. Selain itu, aliran darah yang awalnya lancar menjadi terhambat dan menghentikan suplai darah ke jantung.

Lantas, masih bingung apa hubungannya dengan olahraga yang dilakukan? Well, perasaan kecewa dan marah tersebut ternyata memiliki efek yang sama seperti waktu seseorang melakukan olahraga berat. Jadi, begitu POPle olahraga dalam keadaan marah, beban yang ditanggung oleh tubuh menjadi dua kali lipat lebih berat dari keadaan normal.

So, daripada terus-menerus membahayakan tubuh, tidak ada salahnya loh mencari alternatif lain untuk meredakan marah. Misalnya, dengan bermeditasi, menengarkan beberapa lagu yang terbukti ampuh menjadi mood booster, atau mengalihkan pikiran dengan menonton series favorit. Nah, kalau marahnya sudah benar-benar reda, olahraga yang sehat itu baru aman untuk dilakukan. Oke?

(Visited 89 times, 1 visits today)