Inilah Alasan Mengapa Peminum Alkohol Sulit Berhenti Merokok?

0
10

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan menghisap rokok punya kaitan satu sama lain. Menurut riset, orang yang gemar mengonsumsi alkohol dipercaya lebih sulit menghentikan kebiasaan merokoknya, ketimbang orang yang bukan peminum. Loh, kok bisa?

Peminum alkohol sulit berhenti merokok

Diungkapkan Maciej Goniewicz, nikotin akan lebih cepat dipecah tubuh ketika Anda minum alkohol. “Akibatnya, saat Anda minum, dorongan untuk menghisap rokok akan jadi lebih kuat,” jelas onkolog di Roswell Park Cancer Institute, New York, ini.

Selain itu, konsumsi alkohol juga diklaim bisa meningkatkan metabolisme nikotin yang pada akhirnya menurunkan angka keberhasilan untuk berhenti merokok. Sekedar informasi, metabolisme nikotin merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa cepat tubuh menghancurkan zat adiktif tersebut.

“Singkatnya, alkohol akan mempercepat pemecahan nikotin dalam tubuh. Orang yang metabolisme nikotinnya rendah sejatinya bakal lebih mudah untuk berhenti merokok. Kenapa bisa? Karena nikotin akan bertahan lebih lama dalam tubuh, sehingga keinginan untuk merokok pun akan berkurang,” pungkas Goniewicz seperti dilansir Health Day.

Temuan tadi diperoleh setelah peneliti melakukan survey pada sejumlah perokok di Polandia yang tengah mengikuti program perawatan kecanduan alkohol. Pengukurannya sendiri dilakukan langsung setelah mereka berhenti minum hingga minggu ketujuh.

Baca juga: Awas, Kebiasaan Tenggak Alkohol Turunkan Kualitas Sperma!

Fakta lainnya, metabolisme nikotin akan kembali normal pada minggu keempat setelah seseorang berhenti menenggak alkohol. Demikian menurut studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Drug and Alcohol Dependence.

(Visited 618 times, 1 visits today)