Awas, Jangan Coba-Coba Sentuh 5 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

0
1
Awas, Jangan Coba-Coba Sentuh 6 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Tangan memainkan peran penting dalam transmisi kuman. Bahkan, kendati telah dicuci dengan sangat benar, tangan tetap mudah terkontaminasi bakteri.

 

Ya, itulah yang dikatakan seorang profesor di Zuckerman College of Public Health, University of Arizona, Kelly Reynolds, Ph.D. Ia pun mengungkapkan bahwa pada dasarnya ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tak boleh disentuh dengan tangan. Area apa saja yang dimaksud?

1. Mata

Jangan pernah menyentuh atau mengucek mata dengan tangan, sebab mata sangat rentan mengalami infeksi. “Jika mata Anda terasa gatal atau tak nyaman, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis” pungkas ahli mata, Kimberly Cockerham, M.D.

2. Wajah

Cobalah untuk tak menyetuh wajah dengan tangan, kecuali saat melakukan perawatan semisal cuci muka. Diungkapkan Adnan Nasir, M.D, seorang dermatolog,  memegang wajah saat tangan kotor berpotensi besar menyebarkan kuman yang pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Waspada, Perut yang Gendut Bisa Bikin Otak Menciut!

3. Kanal telinga

Hindarilah memasukan jari  tangan ke dalam telinga! Dikatakan John K Niparko, M.D., ahli THT, hal tersebut dapat merobek kulit tipis yang melapisi bagian telinga, demikian dilansir Men’s Health.

4. Area dalam hidung

Apakah Anda sering mengupil? Jika ya, hentikanlah kebiasaan tersebut mulai saat ini. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology, memasukkan jari ke dalam hidung dapat membawa bakteri berbahaya yakni, Staphylococcus aureus.

Guys, Ini Dia Alasan Kenapa Mr.P Suka ‘Bangun’ di Pagi Hari!

5. Mulut

Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Microbiology menjelaskan, memasukkan jari ke dalam mulut sangatlah berbahaya. Kata peneliti, mulut merupakan area yang banyak mengandung kuman. Bila ditambah dengan bakteri yang terpapar dari tangan, bayangkan saja berapa banyak bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

 

Ingin tahu tips kesehatan lainnya POPle? Download aja aplikasi POPULAR NOW. Masih kurang? Ada juga galeri Foto dan Video paling seksi model-model POPULAR, yang bisa dilihat kapan aja dan dimana aja via Apps POPULAR Now yang tersedia di Google Playstore dan iOS Store atau bisa langsung unduh disini!

(Visited 704 times, 1 visits today)