Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Malam Hari !

0
0

Anda semua mungkin sudah tahu bahwa asupan yang mengandung kafein, seperti kopi, soda, teh, atau obat-obatan, bisa membuat seseorang jadi insomnia alias susah tidur. Karenanya, para ahli kesehatan menyarankan bagi Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya untuk tak mengkonsumsi makanan tersebut setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Selain kafein, ternyata masih ada beberapa makanan lain yang juga berpotensi besar menyebabkan insomnia. Apa saja? Simak ulasan dari Shelly Redmond, R.D., berikut ini !

Alkohol

Banyak orang berpendapat, menenggak segelas anggur bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Padahal, kata Redmond, itu sama sekali tidak benar. “Alkohol memang membuat Anda tertidur , tapi kualitas tidur yang diberikan sangatlah rendah. Hasilnya, Anda pun akan sering terbangun di malam hari. Selain itu, alkohol juga menurunkan kualitas tidur REM, sehingga meski tertidur, kondisi tubuh Anda akan merasa tak baik saat bangun,” jelas penulis Eat Well and Be Fabulous ini.

Air

Tak dipungkiri, air memang punyak manfaat hebat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk ampuh dalam menurunkan berat badan.  Tapi, Anda sangat tak disarankan untuk mengkonsumsinya sebelum tidur. Kenapa? Tidur malam Anda akan terganggu karena seringnya ke kamar mandi untuk  buang air kecil. Solusi terbaik, hindarilah minum air setidaknya 60-90 menit sebelum tidur.

Makanan fermentasi

Sebelum tidur, hindarilah mengkonsumsi makanan fermentasi, seperti keju, ikan asap, atau daging asap. Menurut Redmond, makanan jenis tersebut mengandung zat tyramine yang dapat merangsang otak dan bikin Anda jadi susah tidur. Sebagai gantinya, mengkonsumsi mozzarella bisa jadi pilihan tepat.

Makanan berbahan dasar tomat

Hindarilah mengkonsumsi makanan berbahan dasar tomat atau makanan pedas sebelum beranjak ke tempat tidur. Kata Redmond, zat asam yang terkandung dalam makanan tersebut berpotensi bikin perut Anda jadi tak nyaman di malam hari. “Jika ingin melahapnya, konsumsilah setidaknya tiga jam sebelum tidur,” pungkas Redmond. 

Mulai sekarang jangan biarkan tidur nenyak Anda terganggu.

(Visited 1,014 times, 1 visits today)