Jangan Pernah Duduk Dengan Kaki Menyilang !

0
0

Sengaja atau tidak, kita seringkali menyilangkan kaki ketika sedang duduk . Jika Anda termasuk salah seorang yang kerap melakukannya, mulailah hilangkan kebiasaan tersebut saat ini juga. Kenapa? Sejumlah studi menyebutkan bahwa duduk dengan kaki menyilang punya dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek yang bisa ditimbulkan:

Sakit punggung dan leher

Sakit punggung dan sakit leher adalah dua akibat yang bisa ditimbulkan oleh duduk dengan kaki menyilang. Menurut Vivian Eisenstadt, posisi tersebut mengakibatkan rotasi pada tulang panggul Anda. “Makin lama Anda duduk menyilangkan kaki, maka makin banyak pula tekanan di tulang belakang” ujar ahli ortopedi ini.

Tingkatkan tekanan darah

Kebiasaan duduk menyilangkan kaki juga bisa mengakibatkan tekanan darah Anda jadi naik. Penjelasan medisnya: Duduk dengan kaki menyilang tentulah akan menghambat peredaran darah Anda. Sementara darah yang ada di kaki sendiri harus dipompa kembali ke jantung. Jika darah sulit mencapai jantung karena hambatan tadi, tekanan darah pun akan meningkat.

Kerusakan saraf kaki

Seorang ahli penyakit kaki, Richard Gaves, memaparkan, duduk dengan kaki menyilang akan menekan saraf peroneal yang merupakan saraf utama pada kaki. Tekanan tersebut, lanjut Richard, bisa menyebabkan mati rasa atau kelumpuhan sementara di beberapa otot kaki. “Jika dibiarkan terus menerus terjadi, bukan tak mungkin bakal merusak saraf-saraf kaki” pungkasnya.

Varises

Sejumlah periset menyebutkan bahwa varises disebabkan karena beberapa faktor, seperti genetika, kehamilan, paparan matahari, atau karena kebiasaan duduk terlalu lama. Namun, seorang ahli jantung di Cedars Sinai Medical Center mengemukakan hal lain. “Keseringan duduk dengan kaki menyilang juga berpotensi menyebabkan varises. Perlu Anda ketahui, duduk dengan posisi tersebut akan menghambat aliran darah di kaki yang pada akhirnya dapat melemahkan bahkan merusak pembuluh darah di daerah tersebut” ucap Hooman Madyoon, MD.

Masih berani melakukannya? Semoga tidak setelah membaca artikel ini !

(Visited 494 times, 1 visits today)