Jangan Pernah Menaruh Makanan Dalam Mobil!

0
21

Menaruh makanan dalam mobil punya dampak buruk bagi kesehatan

Sehabis belanja makanan di supermarket, tak sedikit orang menaruh barang belanjaannya di dalam mobil dalam waktu lama. Bila Anda termasuk salah satunya, ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini.

Pasalnya, menurut riset, terlalu lama menaruh makanan dalam mobil punya dampak buruh bagi kesehatan!

Dijelaskan para ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika sana, suhu dalam mobil saat musim panas pada dasarnya dapat meningkat hingga 77 derajat Celcius. Kata mereka, suhu tersebut jelas sangat tidak baik bagi makanan seperti ikan, daging, ayam, dan susu.

Menaruh makanan dalam mobil ternyata berbahaya.
Menaruh makanan dalam mobil ternyata berbahaya.

 

Lantas, berapa lama makanan boleh disimpan dalam mobil? Kata para ilmuwan, tergantung lokasi dan cuaca di mana Anda berada. Demikian dilansir salah satu situs lifestyle pria Negeri Paman Sam sana.

“Perlu Anda tahu, panas jadi media bakteri tumbuh. Karena itu, cobalah untuk menyingkat waktu perjalanan kelar belanja makanan.  Usahakan jangan mampir ke manapun agar bakteri di makanan tidak makin berkembang,” terang CEO organisasi nirlaba kesehatan masyarakat, STOP Foodborne Illness, Deirdre Schlunegger.

Ditambahkan Schlunegger, pas berbelanja makanan di supermarket, ada baiknya jika memilih kemasan daging dan susu yang tahan terhadap panas. Usahakan langsung meletakkan belanjaan tersebut di lemari es pas sampai rumah. Tujuannya? Agar makanan tersebut tidak terpapar bakteri!

 

Jangan pula simpan air kemasan dalam mobil

Selain makanan, ada pula yang tak  boleh disimpan lama-lama di dalam mobil, yakni minuman kemasan!

Banyak sekali orang yang menyisakan minuman kemasan yang dibeli lalu menyimpannya di dalam mobil dalam waktu yang lama. Menurut peneliti sangat berbahaya bagi kesehatan, mengingat botol air menyimpan kandungan kimia yang akan bereaksi pas kena suhu panas.

“Sinar ultraviolet yang mengenai botol plastik sejatinya bakal mengaktifkan dioksin yang pada akhirnya melebur bersama cairan yang ada di dalamnya. Jika dikonsumsi, dioksin berpotensi besar menyebabkan kanker,” jelas periset.

Baca juga: Sederet Hal yang Harus Anda Perhatikan Jika Ingin Cuci Mobil Sendiri

Jadi?

Jika beli minuman kemasan, habiskan saat itu juga. Jika tersisa, sebaiknya simpanlah di tempat sejuk agar tak terpapar panas berlebih.

Cicipi minuman nikmat tanpa repot? Coba cek di sini!

(Visited 2,334 times, 1 visits today)