Jangan Sampai Absen Kerja Bolong!

0
2

Belakangan deras hujan kembali akrab menemani rutinitas sehari-hari. Jangan tanya kenapa? Ya, karena memang di negeri kita hanya memiliki 2 musim. Kalau tidak kemarau, berarti hujan. Meski seharusnya secara perhitungan musim hujan telah melewati masanya. Namun memang belakangn hujan deras justru terus menyapu rata seluruh wilayah di negeri ini.

Bagi sebagian masyarakat kota Jakarta datangnya hujan identik dengan munculnya berbagai masalah. Salah satu yang paling parah adalah kemacetan. Bisa dibayangkan, tanpa diguyur hujan deras saja kemacetan di kota ini sudah bikin sakit kepala. Bagaimana jika dibarengi hujan lebat? Sakit sekujur tubuh masih kurang rasanya merasakan derita tersebut. Berjam-jam menunggu kemacetan karena banjir atau berbagai dampak lalu lintas lain karena hujan tentu butuh kesabaran yang ekstra. Kalau perlu extra large mungkin!

Ingat, ditengah kondisi kelelahan tersebut pasti rentan terhadap berbagai ancaman penyakit. Terlebih cuaca yang tak mendukung. Pasti hari demi hari bangku kosong di sekitar lingkungan kerja terus bertambah. Satu per satu rekan kerja Anda pasti sudah tumbang duluan karena terserang beberapa penyakit dari kondisi tak mengenakan seperti ini.

Nah, ketimbang terus menerus mengumpat datangnya hujan yang sebenarnya sebuah berkah. Lebih baik Anda waspadai beberapa penyakit yang memang rentan menyerang di kondisi seperti saat ini!

Tifus

Jajan bakso di pinggir jalan mungkin memang sedap bukan kepayang saat udara dingin. Namun, jangan lupakan juga faktor kebersihannya. Ingat penyakit tifus disebabkan bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esofagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Kuman yang menyebar melalui muntah dan kotoran penderita yang terbawa di kaki lalat, kemudian biasanya mengontaminasi makanan.

Sebagian besar kuman sebetulnya mati saat memasuki saluran pencernaan karena terkena asam lambung. Namun, kuman yang masih hidup ternyata mampu menginfeksi usus halus dan menyebabkan demam tifus.Tifus adalah penyakit yang ditandai demam hingga 39-40 derajat celsius. Penderita demam tifus sebaiknya segera menjalani pengobatan dan menjalani bed rest. Istirahat selama 7-14 hari membantu tubuh lekas pulih.

Diare

Penyebabnya hampir sama dengan tifus yaitu karena makan sembarangan. Penyakit yang ditandai buang air besar cair berkali-kali ini disebabkan sekelompok bakteri. Beberapa bakteri yang menyebabkan bakteri antara lain Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolytica. Bakteri ini menginfeksi saluran usus sehingga menyebabkan tinja cair dan berlendir. Bila mengalami diare, Anda disarankan segera ke dokter dan banyak mengonsumsi cairan.

Leptospirosis
Penyakit ini disebabkan bakteri Leptospira sp yang menyebar lewat urine tikus. Penyakit ini menyebabkan kulit penderita kekuningan dan mukosa mengering. Pada beberapa kasus, penyakit ini disertai diare atau konstipasi. Penyakit ini mencapai puncaknya saat musim hujan atau banjir tiba seperti saat ini. Saat itu, Leptospira spdalam urine tikus menyebar lewat air dan masuk ke tubuh melalui kulit atau selaput lendir. Selanjutnya terjadi perbanyakan sehingga bakteri bisa menyebar ke berbagai jaringan tubuh, terutama ginjal dan hati.

Penyakit kulit
Meski udara dingin, namun cobalah untuk tak terpengaruh mengurungkan niat Anda untuk mandi 2 kali sehari. Hujan dan banjir rentan membawa beberapa bakteri yang menyerang kulit. Serangan bakteri menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh. Penyakit kulit juga bisa disebabkan jamur akibat suhu yang lembab. Untuk mengarasi serangan ini, penderita bisa menggunakan obat kulit hingga antibiotik.

Demam berdarah (DB)
Berbeda dengan penyakit di atas, demam berdarah disebabkan virus dengue yang terdiri atas empat strain. Untuk mengatasi serangan virus dengue, penderita DB harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi asupan bergizi. Virus denguediketahui dibawa nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di air jernih tergenang. Air jernih tergenang banyak ditemukan saat musim hujan tiba.

 

Bisa dihindari dengan perbanyak istirahat dan konsumsi makanan yang sehat!

(Visited 50 times, 1 visits today)