Kecuali Lupa Makan, Ternyata Obesitas Bisa Sebabkan Daya Ingat Menurun

0
0

Obesitas alias kegemukan memang jadi momok menakutkan bagi semua orang. Maklum, kondisi tersebut seringkali dikaitkan dengan sejumlah penyakit berbahaya. Dua penyakit yang kerap didengungkan sebut saja diabetes serta jantung.

Terkait obesitas, para ilmuwan di University of Cambridge belum lama ini berhasil menemukan satu fakta yang cukup mengejutkan. Dari hasil riset yang mereka lakukan, obesitas diketahui juga punya dampak buruk bagi kesehatan otak. Singkat kata, obesitas diklaim dapat membuat daya ingat seseorang jadi menurun.

Obesitas bikin 15 persen daya ingat lebih rendah

Dikatakan Lucy Cheke, Ph.D., salah seorang peneliti, orang yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 masuk dalam kategori obesitas. Dalam tes yang dilakukan, lanjut Lucy, orang dengan obesitas diketahui punya daya ingat 15 persen lebih rendah ketimbang orang dengan berat badan normal. Demikian dilansir Men’s Health.

“Pada dasarnya, lemak tubuh berpengaruh pada tingkat insulin. Kelebihan lemak akan memicu meningkatnya kadar hormon ini. Jika dibiarkan terus menerus terjadi, sinyal saraf di otak akan terganggu, yang pada akhirnya menyebabkan turunnya kemampuan kognitif” terang Lucy.

Baca juga: Awas, Nikah Muda Sebabkan Obesitas!

Kendati demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Pasalnya, kemampuan kognitif bisa kembali seperti semula jika Anda mau. “Kuncinya cuma satu, turunkan saja berat badan ke level normal. Dengan begitu, daya ingat pun lambat laun akan meningkat” pungkas Lucy.

(Visited 157 times, 1 visits today)