Lama Duduk Itu Bahaya Banget! Cegah Dengan Tips Ini!

0
0
Tanpa Disadari, Ternyata 5 Kebiasaan Umum Ini Bisa Memperpendek Umur Lho!

Pekerjaan kantor menuntut kita untuk duduk sepanjang hari di depan komputer. Tanpa disadari, terlalu lama duduk dapat menimbulkan berbagai penyakit. Misalnya penyakit jantung, obesitas, dan kelainan tulang punggung.

Jika kamu salah satu orang yang terlalu fokus dengan pekerjaan di tempat duduk sampai lupa waktu. Coba ubah kebiasaan tersebut dengan melakukan peregangan atau olahraga sederhana yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan agar terhindar dari penyakit. Simak caranya berikut ini, POPle.

1. Gunakan tangga

Sumber – Eat This, Not That!

Daripada naik ke kantor menggunakan lift, sebaiknya beralih menggunakan tangga. Jika kantormu berada di lantai belasan, kamu bisa mengurangi jumlah lantai yang dinaiki. Misalnya naik lift dari lantai 1 ke 5, kemudian naik tangga dari lantai 5 ke lantai 11. Jika sudah terbiasa, lama-lama kamu bisa naik ke lantai 11 dari lantai 1 menggunakan tangga. Dengan olahraga sederhana ini, kamu bisa membakar kalori, memperkuat otot kaki, dan tidak perlu berdesak-desakan di lift.

2. Peregangan tangan

Bekerja di depan komputer akan membuat tangan dan pundak terasa pegal. Lakukan peregangan tangan setidaknya setiap sejam sekali. Kamu cukup meregangkan tangan ke sisi kanan dan kiri selama 10 detik, ulangi sebanyak 5 kali.

Baca juga: Berhubungan Seks dengan Robot Di Luar Nikah, Termasuk Selingkuh Nggak Ya?

3. Push up

Jika peregangan sederhana saja kurang cukup, kamu bisa melakukan push up ringan dengan bertumpu pada meja kerja. Lakukan push up ringan ini sebanyak 20 kali.

4. Squat

Sumber – Milan Stolicny

Terlalu lama duduk bisa membuat kaki terasa pegal. Yuk, regangkan otot kaki dengan melakukan squat selama 20 kali.

5. Peregangan tubuh

Punggung sudah terasa pegal? Berarti sudah saatnya untuk meregangkan tubuh sambil duduk. Miringkan punggung ke sisi kanan dan kiri, tahan posisi tersebut selama 10 detik untuk masing-masing sisi. Gerakkan juga kepala dengan arah memutar sebanyak 8 kali.

Yuk, sayangi tubuhmu mulai dari sekarang dan ajak teman sebelahmu untuk melakukan olahraga tersebut bersama! Jangan lupa untuk biasakan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dan mengonsumsi makanan sehat demi kesehatan.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Punya Sebelum Masuk Umur 30-an

(Visited 81 times, 1 visits today)