Lidah Terbakar dan Hidung Berair Saat Makan Pedas. Ini Alasannya!

0
1

Makanan pedas cukup digemari oleh orang-orang Indonesia. Banyak makanan khas Indonesia menjadikan cabai sebagai bahan penting yang harus ada di dalam masakannya. Entah diolah bersama dengan lauk atau hanya dijadikan sambal. Tak jarang, cabai dikonsumsi tanpa diolah sama sekali, misalnya saat sedang makan gorengan. Tapi, POPle sadar nggak, sih, biasanya akan muncul rasa lidah terbakar dan hidung berair saat dan setelah POPle mengonsumsi makanan pedas. Kira-kira itu kenapa, ya? Yuk, simak alasannya!

Kenapa bisa Terjadi?

Rasa pedas dari cabai dihasilkan dari kandungan yang bernama capsaicin. Saat mengonsumsi kandungan tersebut, indra perasa akan merasakan sensasi panas. Akibatnya, neuron sensorik POPle akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri ke otak. Setelah menerima sinyal tersebut, lidah POPle akan terasa terbakar sebagai efek ada sesuatu yang panas masuk ke dalam tubuh.

Jangan Salah Kaprah, Makanan dan Minuman Ini yang Ternyata Bikin Otot Pria Nggak Jadi

Selain itu, saat mengonsumsi capsaicin, akan terjadi iritasi di berbagai selaput yang melindungi mulut, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Saat terjadi iritasi, bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk menghalau virus dan bakteri, tubuh akan melakukan perlindungan dengan cara mengeluarkan cairan ingus yang banyak.

Cara Mengatasi

Biasanya, POPle akan langsung minum ketika merasa kalau lidahmu terbakar. Padahal, mengonsumsi air saja tidak akan menghilangkan rasa nyeri tersebut. Hal itu disebabkan kandungan capsaicin tidak dapat larut di dalam air. Cara yang paling tepat untuk menghilangkan rasa terbakar dan hidung berair adalah mengonsumi susu atau produk olahan susu lainnya. Protein dalam susu akan mengikat capsaicin keluar dari lidah sehingga rasa terbakarnya akan segera hilang. Namun, apabila tidak ada susu, POPle bisa mencoba untuk mengunyah es batu. Rasa dingin  akan mematikan sensor di dalam lidah beberapa saat.

Wow! Minum Kopi Ternyata Bisa Memperpanjang Hidup Pria, lho!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

(Visited 62 times, 1 visits today)