Makan Larut Malam Bikin Gemuk?

0
4

Anda tentu pernah mendengar ungkapan yang menyebutkan: Makan setelah jam 8 malam bisa bikin gemuk. Yang jadi pertanyaan, benarkah demikian?

Dikatakan Alan Aragon, seorang penasihat kesehatan, kalori pada dasarnya tak mengenal waktu. Menurutnya, tubuh akan mencerna dan menggunakan kalori dengan cara yang sama, baik saat pagi, siang, atau malam hari.

Benarkah tubuh jadi gemuk usai menikah? Untuk tahu jawabannya, simak ini: Menikah Bikin Tubuh Jadi Gemuk?

Aragon menambahkan, kalori sejatinya akan tersimpan di dalam tubuh lebih lama jika usai makan Anda langsung duduk atau tidur. Namun, dilanjutkannya, tubuh bakal memakai kalori yang tersimpan tersebut keesokan harinya, saat Anda beraktivitas.

Kendati demikian, para ahli memang menyarankan untuk tak ‘ngemil’ di malam hari. Kenapa? Karena dalam kondisi lelah atau mengantuk, kita cenderung memilih camilan yang tak sehat.

“Intinya, diet bukan berarti menahan lapar. Bila Anda tak makan atau makan terlalu sedikit, tubuh secara otomatis akan mengambil cadangan energi dari otot. Jika itu terjadi, konsekuensinya adalah tubuh jadi mudah lelah” ujar peneliti.

Solusinya, bila Anda kerap merasa lapar (meski sebenarnya sudah makan) saat malam hari, cobalah untuk konsumsi camilan yang menyehatkan semisal sereal atau buah-buahan. Demikian dilansir Menshealth.

(Visited 818 times, 1 visits today)