Benarkah Mandi Malam Mampu Sembuhkan Asma?

0
17
Mandi Malam

Sejumlah ahli sarankan agar jangan ragu mandi malam hari. Benarkah?

 

Banyak orang yang tak berani mandi di malam hari sebelum tidur. Alasannya klasik, mereka sudah lelah dan ingin cepat-cepat beranjak ke tempat tidur. Jika kita termasuk salah satunya, ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini.

Pasalnya, menurut riset, tak bersihkan tubuh sebelum tidur punya dampak buruk bagi kesehatan!

Para ilmuwan menjelaskan, kulit akan menyerap polutan dan berbagai jenis kuman saat beraktifitas di luar ruangan. Karena itu, mandi malam hari sangat penting agar tubuh bisa bersih dari bakteri.

 

Mandi malam hari ampuh lenyapkan kuman.
Mandi malam hari ampuh lenyapkan kuman

 

Diungkapkan Dr. Amy Shah, sudah sejak lama ia menganjurkan orang agar rajin mandi di malam hari. Terutama  bagi mereka yang menderita asma, alergi, atau ruam kulit.

“Asal tahu saja, alergen (zat asing non parasit yang menyebabkan reaksi kekebalan tertentu dalam tubuh ketika masuk ke dalam tubuh alias zat pemicu alergi) seperti serbuk sari, karbon hitam, dan tungau debu bisa memicu alergi dan asma. Ya, bisa ditebak apa jadinya jika kita tak membersihkan tubuh setelah beraktifitas,” ujar ahli kesehatan ini.

Amy juga bilang, kebiasaan mandi malam hari tak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga untuk pasangan. ”Bayangkan saja jika pasangan menderita asma, lalu Anda tidur dengan dia dalam kondisi tubuh penuh bakteri. Tentu saja itu bisa memperparah asma si dia!”

 

Bahan kimia menempel

Bila tak bersihkan tubuh sebelum pergi tidur, parfum, krim dan produk berbahan kimia lain yang dipakai saat pagi hari juga masih akan menempel di kulit.

“Nah, jika bahan-bahan tersebut meresap ke dalam kulit saat tidur, potensi kulit terkena ruam dan jerawat pun akan lebih besar,” lanjut Amy seperti dilansir situs She Knows.

 

Mandi bareng pasangan punya segudang manfaat sehat. Klik ini!

 

Saran Amy, jika ingin mandi malam hari sebaiknya gunakan air hangat, jangan air dingin. Alasannya, mandi dengan air hangat mampu menenangkan otot-otot yang tegang serta ampuh bikin tidur jadi lebih nyenyak.

Oh ya, jika Anda termasuk orang yang gemar bercinta sebelum tidur, mandi malam hari juga jadi pilihan tepat. Kenapa? Sebab si dia pasti ogah jika tubuh Anda beraroma tak sedap pas beraksi!

 

Ingin alat mandi oke? Buka ini!

(Visited 3,272 times, 1 visits today)