Manfaat Mantap Susu Kedelai

0
11

Saat ini, popularitas susu kedelai memang tengah meroket. Pasalnya, beberapa waktu belakangan, Paus Perancis diketahui telah memberikan susu jenis tersebut kepada sejumlah anak di kawasan Argentina sebagai pengganti air susu ibu (ASI). Lepas dari itu, tahukah Anda jika susu kedelai menyimpan khasiat mantap untuk kesehatan tubuh?

Dilansir Daily Mail, orang-orang jaman Romawi Kuno percaya bahwa susu kedelai mampu mencegah penuaan. Bahkan, kecantikan yang dipancarkan oleh sosok Cleopatra kabarnya di dapat dari susu tersebut. Menurut rumor yang beredar, setiap hari, sang ratu mandi menggunakan air susu yang berasal dari 700 ekor keledai.

Hippocrates mengatakan, susu kedelai terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. ”Susu kedelai bermanfaat menyembuhkan penyakit hati, demam, penyakit menular, keracunan, nyeri sendi, pendarahan hidung, hingga sembelit” jelas dokter Yunani Kuno ini.    

Sementara menurut dosen dari Cyprus University of Technology di Limassol, Dr. Photis Papademas, susu kedelai mengandung laktosa dan lemak rendah yang sejatinya baik bagi tubuh. Tak hanya itu, lanjutnya, rasa susu ini juga tidak jauh berbeda dengan rasa susu seorang ibu.

Dr. Photis menambahkan, susu kedelai sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu sapi dan kambing. Oh ya, karena tinggi akan kandungan vitamin dan protein, minum susu ini secara rutin juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengatasi berbagai masalah kesehatan lain, seperti psoriasis, eksim, asma, serta bronkitis.

“Sebagai seorang ilmuwan, saya selalu berhati-hati dalam memilih susu. Tapi, susu ini benar-benar menjanjikan” pungkas Dr. Photis.

Bagaimana, mantap bukan? Mulai saat ini, tak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Namun ingat, jangan berlebihan! Kenapa? Hal tersebut dapat mengurangi jumlah sperma Anda. 

(Visited 129 times, 1 visits today)