Manfaat Obat Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

0
7

Selain memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi sesuai aturan yang benar, ternyata obat herbal juga bebas dari efek samping.

Bukan lagi rahasia, jika ternyata berbagai ramuan tradisional berbahan dasar tanaman sangat berkhasiat bagi manusia. Khususnya bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, ada sekitar 80 persen manusia di seluruh dunia yang menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai obat herbal untuk perawatan kesehatan mereka.

5 Fungsi Stimulus Untuk Kesehatan Seksual Anda

Namun Doktor Logan Chamberlain, penulis buku tentang suplemen herbal, menyebutkan, “Hampir setiap laporan mengenai efek berbahaya dari herbal berasal dari kasus orang-orang yang tak mengikuti petunjuk.” Jadi, jangan pernah mengabaikan petunjuk penggunaannya. Berikut beberapa cara yang harus diperhatikan ketika hendak mengonsumsi berbagai obat herbal.

Pola hidup dan pola makan yang sehat

Biasakan untuk selalu bijak dalam menerapkan pola hidup sehat. Hal tersebut mencakup pola makan sehat, berolahraga secara teratur, jam tidur cukup dan juga pengelolaan stres yang baik. Karena apa yang sedang Anda pikirkan akan sangat berpengaruh besar pada tubuh Anda.

Konsultasi pada ahli herbal

Sebelum mengonsumsi obat herbal, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli. Hal ini dimaksudkan agar kita tahu dosis penggunaannya. Seorang ahli herbal yang baik, akan memutuskan dosis penggunaan obat herbal berdasarkan seberapa parah penyakit yang diderita. Terkadang, ahli herbal profesional juga akan melihat dan meminta hasil lab, rontgen, atau hasil pemeriksaan medis lainnya. Patuhi petunjuk penggunaan dan dosis yang disarankan.

Dampak Buruk Stimulus yang Harus Kamu Ketahui!

Hindari konsumsi obat kimia secara bersamaan

Mengonsumsi obat herbal sebaiknya tidak di waktu yang bersamaan dengan obat kimia. Hal ini bisa menurunkan efek terapi dari kedua obat. Jika obat kimia tetap dikonsumsi, berikan jeda waktu setengah sampai satu jam.

Sesuaikan dengan waktu makan

Sama seperti obat kimia, berikan jeda waktu antara mengonsumsi obat herbal dengan mengonsumsi makanan. Jika penderita memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya obat herbal dikonsumsi satu jam sebelum makan atau setengah sampai satu jam sesudah makan.

(Visited 4,133 times, 1 visits today)