Manfaat Sehat Madu Yang Jarang Diketahui

0
1

Selama ini, madu memang kerap digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Sebut saja sariawan, bibir pecah-pecah, hingga penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Bahkan, banyak pula yang memanfaatkannya untuk mempercantik kulit. Namun, ternyata masih ada beberapa manfaat hebat madu yang jarang diketahui. Apa saja?

Cegah penyakit jantung dan kanker

Perlu diketahui, madu merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Para ahli kesehatan mengatakan, flavonoid yang terkandung di dalamnya  dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker serta jantung.

Sifat anti bakteri

Selain antioksidan, madu juga memiliki sifat anti bakteri di dalamnya. Oleh karena itu, cobalah konsumsi madu tiap hari untuk mencegah pilek, flu,  serta penyakit lain yang disebabkan karena gangguan kekebalan tubuh.

Cegah bisul dan gangguan pencernaan

Tak banyak yang tahu jika madu terbukti  ampuh untuk mencegah timbulnya bisul. Tak hanya itu, mengkonsumsi madu secara teratur juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan sekaligus mencegah maag dan gastroenteritis.

Bikin tubuh berenergi

Madu sarat kandungan karbohidrat. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, kadar glikogen tubuh akan tetap terjaga dan Anda pun akan lebih berenergi. Mantapnya lagi, madu juga bisa memulihkan otot tubuh sehabis berolahraga.

Turunkan berat badan

Ingin turunkan berat badan? Tak perlu repot, sebab ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Minumlah segelas air hangat yang telah dicampur dengan madu dan lemon setiap bangun pagi. Para ahli kesehatan percaya, kandungan 22 asam amino serta mineral dalam madu mampu meningkatkan sistem metabolisme sekaligus ampuh mencegah obesitas.

Sembuhkan luka

Madu juga mengandung hidrogen peroksida yang memiliki sifat anti bakteri. Nah, jika kebetulan Anda mengalami luka, oleskan saja madu ke bagian luka tersebut. Dengan begitu, luka Anda pun akan cepat sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Masih segan mengkonsumsinya?

(Visited 449 times, 1 visits today)