Siapa Sangka Ada 5 Manfaat Tauge Buat Kesehatan?

0
5

Manfaat tauge alias toge? Tak cuma sekadar mitos buat kesuburan!

Tentu tak asing dengan tanaman kecambah atau yang biasa disebut tauge. Ya, biasanya kita temui via makanan khas Indonesia seperti gado-gado, ketoprak, soto, dll.

Asalnya?

Kecambah sendiri tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Biasanya berasal dari kacang hijau dan biji-bijian lainnya. Nah, selain dikenal sebagai salah satu pangan yang berkadar lemak rendah, kecambah  juga punya sederet manfaat lain yang tak bisa disepelekan.

Seperti yang dilansir Health Me Up, berikut sederet manfaat kecambah yang baik buat kesehatan.

 

MENGANDUNG VITAMIN

Saat berbentuk kecambah, vitamin yang terkandung dalam biji-bijian meningkat 20 kali lipat dari jumlah aslinya. Kebanyakan kecambah mengandung vitamin A (kesehatan mata, antioksidan, sistem imun, dan pencegah kanker), B kompleks (membantu proses metabolisme, meningkatkan fungsi otak, mencegah penuaan dini, dan menurunkan kadar kolesterol).

Lalu ada vitamin C (mempercepat pemulihan, membantu turunkan berat badan, memperbaiki mood), dan E (tingkatkan daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan antioksidan) yang penting banget!

toge-2

SUMBER ENZIM

Kecambah mengandung enzim 100 kali lebih banyak dibanding buahan-buahan dan sayuran mentah pada umumnya. Enzim ini adalah jenis protein spesial yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi organ dalam tubuh. Kalau sudah sehat punya enzim cukup, pasti langsung terpancar dan bisa gaet si dia, ‘kan? 

SUMBER PROTEIN

Nah, bagi vegetarian yang tak memakan protein hewani seperti ayam dan daging, konsumsi kecambah bisa jadi alternatif yang tepat. Selain mengandung 35 persen protein yang baik untuk tubuh, kecambah juga menawarkan protein tanpa lemak, kolesterol, dan kalori. Mantap!

toge-3

MUDAH DICERNA

Karena memiliki kandungan enzim yang tinggi, kecambah sangat mudah untuk dicerna. Selain itu, konsumsi kecambah juga bisa membantu tubuh pas mengalami perut kembung dan masalah pencernaan. Wuidih … Sesimpel itu, tinggal lahap toge!

TURUNKAN BERAT BADAN

Konsumsi kecambah bisa membantu diri yang ingin menurunkan berat badan. Selain kaya akan nutrisi dan rendah kalori, kecambah juga ampuh bikin perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, konsumsilah kecambah saat diet agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi selama menjalankannya.

 

Pria, Ini 3 Sinyal Penanda Anda Harus Segera Kunjungi Dokter Kesuburan!

Selamat Menikmati Makan Siang Anda dan selamat mencobanya!

(Visited 653 times, 1 visits today)