Wah, 6 Manfaat Ajaib Tidur Pas Puasa, Salah Satunya Selamatkan Hidup!

0
5
manfaat tidur siang

Ada yang bilang tidur saat puasa itu berbeda dengan tidur siang biasa. Disaat tubuh kurang asupan, tidur siang menjadi penting

 

Sewaktu kecil, orang tua kerap menyuruh kita tidur siang. Sampai dewasa kebiasaan tidur siang terkadang masih sering dilakukan. Tapi Itu dilakukan jika waktu memungkinkan.

Bagi pekerja, tidur siang jadi hal yang sulit. Namun tak berarti tak bisa dilakukan, saat istirahat adalah waktu yang tepat. Kurang lebih satu jam sisihkan waktu untuk merebahkan diri sambil memenjamkan mata, sebab tidur siang itu punya manfaatnya.

Apa saja manfaatnya?

 

1. Bisa Selamatkan Hidup

Tidur siang bisa kurangi tekanan darah dan mencegah serangan jantung, demikian menurut peneliti Yunani. Mereka yang tidur siang punya tekanan darah rendah dibandingkan mereka yang tetap terjaga sepanjang hari.

“Tidur siang turunkan tingkat tekanan darah dan mungkin juga menurunkan jumlah obat anti-hipertensi yang dibutuhkan,” kata Dr Manolis Kallistratos dikutip Telegraph.

 

manfaat tidur siang

2. Tetap Fokus

Margaret Thatcher dan Sir Winston Churchill sadar manfaat tidur agar tetap fokus bekerja. Thatcher terkenal hanya tidur empat jam semalam, tentu saja juga tidur siang. Sir Winston Churchill tidur empat jam semalam selama Perang Dunia II dan tidur siang dua jam di sore hari.

4 Cara Ini Ampuh Tanggulangi Mimpi Basah Pas Tidur

3.  Bantu Tubuh Lebih Segar

Tidur pasca makan siang bisa menyegarkan. Para ilmuwan menunjukkan tidur siang 60 sampai 90 menit dapat mengisi baterai otak sebanyak delapan jam yang terselip di tempat tidur.

 

4. Meningkatkan Produktifitas

Sejatinya atasan harus biarkan staf mereka tidur siang selama 30 sampai 90 menit di siang hari karena dapat meningkatkan kreatifitas. “Sebaiknya beri istirahat otakmu. Saya tidur siang setiap sore, “kata Vincent Walsh, Profesor Riset Otak Manusia di University College London. “Hanya sejak revolusi industri kita terobsesi untuk memaksa semua tidur kita di malam hari daripada siang hari.”

manfaat tidur siang

5. Tingkatkan Mood

Balita yang tak tidur siang biasanya tumbuh jadi orang dewasa yang pemarah. Periset AS menemukan balita yang melewatkan tidur siang jadi lebih cemas dan kurang tertarik pada dunia di sekitar mereka.

 

Studi: Jangan Pernah Tidur dengan Posisi Menyamping!

6. Kurangi Stres

Tidur setelah jam makan siang dapat kurangi stres, membantu fungsi kardiovaskular dan meningkatkan kewaspadaan dan ingatan. Demikian menurut Spanish Society of Primary Care Physicians (SEMERGEN).

Mereka menyarankan tidur siang tidak lebih dari setengah jam, yang lain menyarankan sebaiknya tidak lebih dari 15 menit.
Jadi POPle, jika waktu dan tempat memungkinkan tak ada salahnya tidur siang, ya!

(Visited 430 times, 1 visits today)